Besaran Nilai Pertanggungan Yang Diberikan Asuransi Perjalanan

Discussion in 'General Discussion' started by Mr.Pedestrian2, Mar 11, 2015.

  1. Mr.Pedestrian2

    Mr.Pedestrian2 Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    140
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Mulai dari bagasi hilang atau rusak, paspor hilang atau kecopetan, penundaan jadwal pesawat, biaya perawatan rumah sakit, hingga kecelakaan, semua dapat perlindungan.

    Berbagai keuntungan dan manfaat banyak dimiliki oleh asuransi perjalanan. Sayangnya, masih banyak dari orang yang terkadang enggan untuk membeli jenis asuransi ini. Baik untuk perjalanan domestik ataupun internasional.

    Padahal risiko tidak dapat ditebak. Salah satu contohnya adalah perjalanan ke luar negeri. Bisa saja Anda terserang risiko kesehatan dan harus menjalani pengobatan rumah sakit. Apakah Anda tahu berapa biaya perawatan yang harus dilakukan?

    Nah, sebenarnya berapa kisaran biaya yang bisa diberikan oleh asuransi perjalanan dari cakupan perlindungan yang diberikan?

    Pertanggungan kecelakaan diri

    Untuk risiko kecelakaan, Anda akan mendapatkan sejumlah uang santunan yang dibayar untuk risiko kematian, kehilangan salah satu anggota badan, salah satu atau kedua mata, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

    Jumlah santunan yang diberikan oleh masing-masing penyedia asuransi memiliki perbandingan berbeda. Namun, umumnya risiko ini rata-rata memberikan pertanggungan sebesar US$100.000.

    Ganti biaya perawatan dan pengobatan medis

    Anda akan mendapatkan pertanggungan jika mengalami sakit ataupun terluka akibat kecelakaan pada waktu melakukan perjalanan dan memerlukan perawatan rumah sakit.

    Biaya yang diberikan meliputi biaya pengobatan, biaya rumah sakit, biaya operasi, termasuk pengobatan tradisional yang dialami/terjadi selama dalam perjalanan.

    Setiap perusahaan asuransi memiliki perlindungan berbeda. Akan tetapi pada risiko ini biasanya perlindungan yang diberikan mencapai US$200.000.

    Jika Anda melakukan perjalanan luar negeri, Anda juga akan mendapatkan biaya perawatan setelah pulang dan sampai ke Indonesia.

    Biaya perawatan yang diberikan mencapai US$50 untuk perawatan di luar negeri, dan US$35 untuk rumah sakit local atau dalam negeri. Beberapa perusahaan asuransi memberikan tunjangan tunai harian ini saat Anda sebagai tertanggung dirawat di rumah sakit lebih dari 24 jam.

    Ketidaknyamanan perjalanan

    Ini lah risiko yang biasa mengalami klaim. Resiko ketidak nyamanan perjalanan di antaranya adalah hilang atau rusaknya bagasi dan barang milik pribadi, penundaan bagasi, dokumen perjalanan hilang, dan penundaan perjalanan lebih dari 12 jam, dan juga pembatalan perjalanan.

    Masing-masing penyedia asuransi memiliki batas waktu yang berbeda untuk risiko penundaan bagasi dan penundaan perjalanan. Ada yang menawarkan pelindungan lebih dari 6 jam dan ada yang menyediakan perlindungan bila lebih dari 12 jam. Nilai pertanggungan yang diberikan sesuai batas limit yang tertera di sertifikat polis.

    Biasanya biaya perlindungan yang diberikan untuk kehilangan bagasi bisa mencapai US$1.500–3.000. Sementara itu, jaminan kehilangan dokumen akan diberikan perlindungan biaya pengurusan dan penggantian sebesar US$300-1.000.

    Risiko penundaan, perlindungan yang akan diberikan adalah penggantian biaya atau pengeluaran yang timbul untuk pembelian kebutuhan utama seperti baju ataupun peralatan mandi, serta hotel untuk menginap jika penundaan lebih dari 12 jam. Perlindungan resiko ini kira-kira US$500 nilai maksimum per 6 jam.

    Harta benda rumah atau tempat tinggal

    Beberapa asuransi memberikan perlindungan untuk membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan. Berapa nilai perlindungan yang Anda dapatkan saat mengalami resiko ini? Biayanya cukup besar, yaitu hingga US$5.000.
     
  2. Cowok Sejati

    Cowok Sejati Member

    Joined:
    Mar 11, 2015
    Messages:
    248
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Iya, yang paling kelihatan kemarin itu kasusnya Lion Air.
    Benar-benar kelihatan banget. :)
     
  3. Mr.Pedestrian2

    Mr.Pedestrian2 Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    140
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    nah iyahhh .. kalo di kasus itu kita bisa ajukan klaim ke asuransi perjalanannya
     
Loading...

Share This Page