Fakta Rekayasa Gojek

Discussion in 'E-Commerce' started by kursitamu, Aug 17, 2015.

  1. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Gojek

    Ah. Buat kamu yang tinggal di kota Jakarta, terlebih di kawasan Jakarta Selatan, tentu tidak asing dengan kata yang satu itu. Gojek. Bahkan, ketika menyebutnya, bisa jadi kamu langsung membayangkan pengendara-pengendara motor berseliweran mengenakan jaket dan helm hijau bertuliskan “Gojek”.

    Tidak usah malu, saya pun langsung membayangkan nya setiap kata Gojek saya dengar atau sebut.

    Memang, brand awareness yang luar biasa sudah berhasil dilakukan oleh Gojek. Kita harus akui itu. Namun, sudah kah kamu tahu bahwa ada rekayasa-rekayasa dibalik cerita sukses Gojek belakangan ini?

    Berbekal uang hanya dengan 30 ribu rupiah, saya berhasil membongkar rekayasa yang dilakukan Gojek.

    30 ribu? Kok murah?

    Iya. Itu adalah besaran dana yang saya keluarkan dalam “riset” saya untuk sedikit membedah Gojek dan menyampaikan informasi tersebut dalam website saya ini. 30 ribu adalah besaran 3 kali saya menggunakan jasa Gojek dalam masa promo #CebanRamadhan ini.

    Jadi ya, “hanya” dengan 30 ribu rupiah itu lah, saya membongkar rekayasa yang dilakukan Gojek.

    Hah? Rekayasa? maksudnya apa? Penipuan yang dilakukan Gojek?

    Rekayasa yang saya maksudkan disini adalah rekayasa sosial (Social Engineering) yang Gojek lakukan di masyarakat. Gojek berhasil mendesain, menerapkan, merekayasa tidak hanya sudut pandang sosial namun juga gaya hidup bertransportasi masyarakat. Baik itu para driver nya, maupun para pengguna jasa Gojek. Sebuah rekayasa yang, berani saya bilang, jenius…

    Saya melakukan riset lapangan langsung dengan berinteraksi dengan para driver Gojek. Selama perjalanan, saya mengajak mereka bicara, berdiskusi, mendengarkan semangat dan harapan mereka. Saya menyadari, bahwa berkat rekayasa yang diterapkan, ada senyum-senyum mengembang orang-orang baik ini.

    Berikut saya paparkan fakta-fakta nya:

    Fakta 1: Mekanisme pendaftaran Gojek

    Buat kamu yang tertarik mendaftar jadi Gojek Driver, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Dari segi administrasi misalnya, calon driver harus membawa foto kopi SIM, STNK dan Kartu Keluarga ke salah satu kantor Gojek yang berlokasi di Jalan Bangka Raya, Jakarta Selatan. Setelah melengkapi administrasi, kemudian dilakukan pengecekan kondisi fisik motor lalu tes wawancara.

    Kemudian setiap calon driver akan menjalani training, diantara nya soal penggunaan aplikasi Gojek Driver dalam smartphone, pelayanan pelanggan, hingga eduksasi soal safety riding.

    Selepas itu, jika diterima, akan langsung dilakukan penandatanganan kontrak. Jaket dan helm pun akan dipinjamkan. Untuk masker dan hair cover dapat diambil di kantor Gojek di Wolter Monginsidi, sedangkan handphone di kantor Gojek di jalan Ciasem.

    Sungguh rekayasa sosial yang begitu santun telah dilakukan oleh Gojek. Tidak hanya mengedukasi para calon driver agar tertib administrasi, Gojek juga memberikan value terhadap para driver mengenai teknologi, customer service, hingga keselamatan berkendara.

    Fakta 2: Tidak semua Gojek driver sebelumnya adalah tukang ojek

    Awalnya saya juga mengira begitu. Namun, 3 dari 3 Gojek driver yang menjadi narasumber tulisan ini ternyata tidak pernah ngojek sama sekali sebelum bergabung dengan Gojek

    Saya ikut Gojek awalnya karena mau dapet penghasilan buat biaya skripsi saya, Mas. Gaenak minta sama ibu soalnya saya nambah 1 tahun kuliah nya. – Kata bang Andi, Gojek yang ternyata adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila

    Awalnya saya Debt Collector, nagihin hutang kartu kredit, tapi sekarang mah yang ditagih malah lebih galak. Lagipula, saya kasihan sama anak istri saya. Bulan Juni ini saya rencana mau resign dari pekerjaan nagih hutang saya. – Kata pak Syahrul, Gojek saya sewaktu ke mal ambassador. Selama perjalanan entah berapa kali beliau mengucapkan terimakasih kepada Gojek atas perubahan yang diberikan. Beliau bahkan mengaku berkat Gojek, tahun ini bisa membelikan baju baru untuk anak istri

    Saya Gojek cuma malam, Mas. Kalau pagi sampai siang, saya jualan gas. Yah, lumayan mas, cari-cari 100 ribu juga malem di Gojek dapet. Hitung-hitung buat jajan anak. – Kata mas Yono, Gojek saya dari Pondok Labu ke Mampang malam itu.

    Di kemudian hari saya juga berkenalan dan mendengar cerita bahwa ada Gojek driver yang berprofesi sebagai karyawan swasta, sopir pribadi, hingga ibu rumah tangga.

    Selepas saya turun dari Gojek, pak Syahrul mengajak saya untuk ikut serta menjai driver Gojek. Tawaran yang cukup menggugah. Hehe.

    Fakta 3: Konversi per kilometer Gojek adalah 4 ribu rupiah

    Ini yang menyebabkan tarif Gojek menjadi lebih murah dari tarif ojek pangkalan. Di Gojek, tarif perkilometer sudah distandarkan. Di ojek pangkalan, tatacara penetapan tarifnya tidak jelas. Orang Jawa sering bilang tarifnya ” Mukul “. Ada yang secara kasar malah bilang tarif nya preman.

    Pengalaman saya, selisih tarif antara Gojek dan ojek pangkalan bisa mencapai 15 ribu rupiah. Sayang sekali, semenjak saya merasakan naik Gojek, saya tidak pernah lagi menggunakan jasa ojek pangkalan.

    Saya adalah manusia yang masih manusiawi, manusia yang juga realistis dan ekonomis. Mungkin, begitu juga dengan puluhan ribu pengguna layanan Gojek.

    Fakta 4: Gojek berhasil meningkatkan pendapatan para pelakunya

    “Ternyata lebih dari 70 persen waktu kerja tukang ojek hanya menunggu pelanggan, ditambah kemacetan Jakarta.”

    Itu adalah pernyataan yang dikeluarkan CEO Gojek, Nadiem Makarim.

    Memang benar, dengan adanya Gojek, para driver tidak perlu (melulu) ada di pangkalan. Mereka cukup memantau aplikasi Gojek yang dimiliki jika ada customer yang minta di jemput-antar. Karena tidak perlu mengetem, mangkal, maka driver Gojek memiliki efisiesnsi waktu, yang pada akhirnya meningkatkan potensi pendapatan.

    Dengan begitu pula, para Driver dapat pula memanfaatkan waktunya mengerjakan hal lain. Semisal mas Andi yang berkuliah, atau mas Yono yang menjadi agen gas itu. Bisa juga misalnya mengasuh anak, menemani istri, hingga berwirausaha.

    Dari hasil penelususan, pak Syahrul yang sebelumnya Debt Collector itu, memiliki pendapatan hingga 8 juta/bulan. Alhamdulillah.

    Fakta 5: Untuk setiap 10 customer, Gojek Driver akan mendapatkan bonus

    Saya strategi nya sih, kalau pagi-siang saya ambil yang deket-deket dulu. Kalau langsung ngegas yang jauh, kita udah keburu capek. Nah, kalau malam, lumayan dah tuh 2-3 kita bisa dapet. – Kata pak Syahrul. Beliau mengaku bonus yang ditawarkan adalah 50 ribu rupiah.

    Inikah alasan kenapa para driver Gojek tampak begitu bersemangat dan bahagia ?

    (Update : ada info dari komentator artikel ini bahwa untuk 5 orang pun driver sudah mendapatkan bonus, benarkah ? Karena berdasarkan pengakuan narasumber, bonus diberikan dengan jumlah customer 10)

    Fakta 6: Uang dibayar perbulan adalah mitos, kenyataannya uang hasil ng-Gojek bisa diambil harian

    Dari salah satu tulisan artikel yang saya baca (saya lupa, kalau tidak salah di blog seseorang/kompasiana) , disebutkan disitu bahwa salah satu keengganan ojek pangkalan bergabung ke Gojek, selain karena “alergi dengan teknologi”, adalah karena penghasilan dari Gojek baru bisa diambil bulanan seperti orang gajian kantoran.

    Penulis artikel itu ternyata salah atau setidaknya kurang dalam melakukan riset.

    Faktanya adalah, setiap penghasilan yang didapatkan oleh driver Gojek, langsung di kredit kan ke rekening driver masing-masing. Bank yang digunakan adalah bank CIMB Niaga. Dan driver dapat mengambilnya secara harian mana suka. Pembagian keuntungannya adalah 80 untuk driver dan 20 untuk manajemen Gojek.

    Fakta tersebut saya dapatkan dari cerita langsung para driver Gojek, tentu saja.

    (UPDATE, Dari Timotius Aswin : Saya cuma bs kasih info kenapa CIMB Niaga. Hal ini dikarenakan CIMB Niaga punya produk namanya rekening ponsel, yang mana menjadikan nomor hp sebagai rekening. Hal ini mempermudah kinerja driver gojek, jadi ga perlu bawa atm. Mau ambil duit tinggal ke atm cimb terdekat, kirim sms, dan uang bisa diambil melalui mesin atm. )

    Fakta 7: Smartphone yang digunakan dan provider seluler

    Kedua hal ini mungkin sering luput dari para pengguna layanan Gojek dan memang terkesan sepele: jenis smartphone dan provider seluler yang digunakan para Gojek driver adalah seragam.

    Untuk smartphone, mereka menggunakan smartphone bermerek ZTE. Smartphone ini mereka angsur sebesar 7 ribu rupiah selama 100 hari atau 50 ribu rupiah selama seminggu hingga mencapai harga 700 ribu rupiah. Smartphone ini diberikan di awal ketika seseorang resmi menjadi Gojek Driver.

    Sedangkan untuk provider layanan seluler nya, mungkin banyak orang tidak sadar bahwa seluruh nomor Gojek driver yang digunakan untuk menghubungi pelanggannya adalah nomor dari provider SimPATI. Nomor tersebut diberikan bersamaan dengan smartphone ZTE dan langsung diberi modal pulsa sebesar 100 ribu.

    Saya pribadi masih belum menemukan jawaban kenapa harus menggunakan ZTE dan SimPATI? Kenapa pula harus menggunakan layanan bank CIMB Niaga?

    Dugaan saya adalah terkait kerjasama investor antara Gojek dengan ketiga pihak tersebut. Walaupun memang sampai sekarang, Gojek belum memberikan keterangan resmi terkait siapa investor mereka. Layak kita nanti.

    (Update dari Bagus Hermawan : Kenapa SIMPATI? Nah ini baru dugaan saya saja ya tapi. Setau saya ada program Telkomsel CUG (customer user group) dimana setiap nomor yang didaftarkan ke sebuah server CUG bisa saling telepon gratis — entah ke sesama anggota server CUG tadi atau diluarnya, saya masih terus mencari info ini.)
     
  2. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    588
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    denger kata rakayasa kirain sesuatu yang negatif mengenai layanan gojek :D
    tapi ternyata positip sepertinya, apa saya yang salah nangkep? :D
     
  3. abditea

    abditea Member

    Joined:
    Sep 24, 2014
    Messages:
    503
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Ini sih bukan rekaya den, tapi inovasi di dunia per transportasian:D
     
  4. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,723
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Oh gitu ya.. enak juga ya jadi ojeknya :D
     
  5. Andai aja di kota tempatku ada, ikutan daftar dah :D
     
  6. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,953
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Memang Go-Jek lagi mendunia heheh semangat
     
  7. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,787
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    udah liat "rekayasa" kirain mau jatuhin go-jek
    ternyata promosiin go-jek
     
  8. Wahyu Fadillah

    Wahyu Fadillah Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    203
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Aduh kok cuman di daerah ibu kota sana yang ada jasa gojek .. ayo donk gojek pusat bikin cabang di daerah lain ... *minta*
     
  9. fang

    fang Member

    Joined:
    Feb 5, 2015
    Messages:
    26
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    :)
    tapi gk habis pikir kalo sampe ada mahasiswa yang jadi supir gojek, apa gk kasihan sama pengangguran lainnya
     
  10. Leni Fitriani

    Leni Fitriani Member

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    210
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    ternyata marketingnya keren, bisa membantu semua orang
     
  11. ihsan mufthi

    ihsan mufthi Member

    Joined:
    Feb 5, 2015
    Messages:
    343
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    wkakakaka kepancing sama tagline judulnya....,, bisaaan...,, ternyata isinya nyeritaan inovasi si ceo goject dalam memakmurkan Parak gojekers dan memudahkan pengguna gojek mantaps
     
  12. ferdianet

    ferdianet Member

    Joined:
    Sep 16, 2015
    Messages:
    210
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    28
    Jadi pengen daftar GOJEK nih :D
     
  13. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Ane pikir sisi negatif gojek gan, ternyata positif semua hahaha. Ketipu ane. But, thread yg sangat bagus, menambah wawasan ane tentang gojek :D
     
  14. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    Untuk Smartphone dan Provider saya pikir ini wajar dan mungkin ada MOU dari kedua belah pihak
     
  15. Ida Haryanti

    Ida Haryanti New Member

    Joined:
    Mar 26, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Keren gan.. ini baru inovasi yang joss. tapi sayang banget ada kejadian kemarin demo dan anarkis dari mereka2 yang enggak mau kalah sama Gojek
     
  16. Muhammad Amin

    Muhammad Amin Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    255
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Wah judulnya.. hehe.. Keren banget manajemen gojek, berharap suatu saat bisa punya startup keren dan menginspirasi seperti ini :)
     
  17. tokobale

    tokobale Member

    Joined:
    Apr 24, 2016
    Messages:
    70
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    betul memang jago gojek ini dalam menajemennya dan perlu di tiru keberhasilannya.
     
  18. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,179
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Betul Jeng Leni. Bisa membantu semua orang
     
  19. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,179
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Yang koment cocok jualan kacamata
     
  20. Yoga Pratama

    Yoga Pratama Member

    Joined:
    Apr 10, 2016
    Messages:
    271
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    saya pikir sesuatu hal yang negatif
     
  21. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    terkecoh dengan judul hahaha :D. Aku kira rekayasa negatif ternyata fakta gojek ini :D
     
Loading...

Share This Page