Ketahui Bahaya dan Manfaat Alkohol

Discussion in 'Science' started by Linda Nur Wakidah, Aug 30, 2017.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    164
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Ketahui bahaya dan manfaat Alkohol – Alkohol adalah suatu zat yang memiliki titik didih cukup tinggi dibandingkan dengan senyawa hidrokarbon yang memiliki jumlah atom karbon sama. Hal ini dikarenakan adanya gaya dan ikatan hydrogen antar molekul alcohol akibat gugus hidroksil yang polar.
    [​IMG]
    Berikut adalah sifat senyawa alcohol baik dari fisika maupun kimia :
    • Sifat alcohol mudah terbakar.
    • Alkohol mudah tercampur dengan zat lain, ini dikarenakan adanya kemiripan struktur alcohol (R-OH) dengan Air (H-OH).
    • Alkohol memiliki titik didih yang lebih tinggi dari alkane. Ini disebabkan karena gugus fungsi -OH sangat polar, sehingga gaya Tarik menarik antar molekul menjadi sangat kuat.
    • Alcohol yang memiliki atom karbon sebanyak satu sampai empat memiliki bentuk cair. Sedangkan alcohol yang memiliki jumlah atom lima sampai Sembilan memiliki bentuk cairan kental seperti minyak, dan juga alkohol yang memiliki atom sampai sepuluh memiki bentuk padat.
    • Alcohol memiliki sifat Heteropolar, sifat polar dari gugus -OH dan nonpolar dari gugus -R (alkil). Sifat polar tergantung pada panjang rantai alkilnya, semakin panjang alkil maka semakin berkurang sifat kepolarannya. Jika rantai pedek maka sifat kepolarannya akan makin tinggi, dan dapat menyamai Air.

    Alkohol sering dianggap sangat membahayakan, tapi bukan hanya bahanya yang ada dalam Alkohol. Untuk lebih jelasnya simak bahaya dan manfaat dari alcohol

    • Bahaya Alkohol.
    Alkohol lebih banyak membahayakan. Alcohol bisa membuat kesadaran menurun karena alcohol merupakan obat penenang dan juga obat bius. Alcohol juga sangat berbahaya bagi system kerja otak. Berikut adalah bahaya alcohol :

    1. Banyak berpengaruh dalam system saraf dan mengganggu kerja otak, karena alcohol merusak system, seperti : Serotonim, Glutamat, GABA (Gama Amino Butyric Acid), Dopain, Kandung kemih, Sistem saraf pusat.

    2. Menyebabkan gangguan jantung. Alcohol dapat mengganggu kerja jantung, seperti mempercepat denyut jantung, sesak napas, dada terasa nyeri, napas tersumbat, bahkan serangan jantung.

    3. Mengganggu metbolisme tubuh. Metabolisme dalam tubuh akan mengurang karena konsumsi alcohol yang berlebihan. Sering ditemukan seorang yang mengosumsi alcohol akan lesu dan tidak memiliki semangat.

    4. Menurunkan kecerdasan. Alcohol dapat mengurangi daya ingat seseorang, serta konsentrasi akan terganggu.

    5. Menurunkan fungsi hati. Hati seharusnya bekerja untuk menetralisir dan membuang racun dalam tubuh. Tapi, hati bisa rusak karena pengaruh alcohol.

    6. Memperpendek usia. Karena zat yang terkandung dalam alcohol, tubuh manusia akan rusak secara perlahan ini dapat membunuh organ dalam tubuh dan manusia yang mengonsumsinya.

    • Manfaat Alkohol
    Selain bahaya yang terkandung dalam alcohol, ada pula manfaat dari alcohol jika dapat menggunakannya dengan sesuai. Berikut adalah beberapa manfaat dari Alkohol :

    1. Alcohol dapat Mengurangi tekanan darah rendah. Dengan cara mengonsumsi yang baik dan tidak berlebihan, dapat meningkatkan darah.

    2. Memperbaiki kualitas tidur, karena alcohol merupakan obat bius yang bekerja cepat. Selama mengonsumsi dengan batas wajar, alcohol dapat memperbaiki kualitas tidur.

    3. Dapat menjaga kesehatan kardiovaskular.

    4. Dapat meningkatkan kehangatan tubuh. Orang orang Eropa sering mengonsumsi Alkohol untuk menghangatkan tubuh, kerana cuaca Eropa yang dingin.

    5. Mengurangi libodo, alcohol dapat mengurangi kemungkinan disfungsi ereksi sebesar 25-30%.

    6. Mengurangi kemungkinan batu ginjal. Mengonsumsi alcohol dalam batas normal dapat menekankan terjadinya batu ginjal, hal itu dinyatakan oleh seorang peneliti dari University of East Anglia.

    7. Alkohol juga dapat membunuh kuman, membersihkan luka, dan juga sering digunakan untuk menetralisir alat alat kedokteran.

    Meskipun ada beberapa manfaat mengonsumsi alcohol, perlu diingat alcohol digunakan dalam batas wajar. Alcohol tidak dapat dikonsumsi secara rutin karena dapat membahayakan dan dapat menyebabkan kematian. Anda dapat mengetahui kadar alkohol dengan menggunakan alat ukur kadar alkohol.
     
  2. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Kalo dicampur dengan besin sepertinya sulit den.
     
Loading...

Share This Page