Produk pakaian, yang terdiri dari baju, sepatu, dan aksesori, rupanya menjadi barang paling diminati di toko online. Produk berikutnya adalah perangkat bergerak disusul oleh barang elektronik. “Ini kaitannya dengan kebutuhan primer, membeli gadget tidak sesering membeli pakaian,” kata Country Head Google Indonesia Rudy Ramawi di Jakarta, Selasa, 1 April 2014. Meskipun pakaian paling diminati, kontribusi terhadap pemasukan toko online yang menjual beragam produk tidaklah signifikan. "Penjualan perangkat bergerak dan barang elektronik merupakan produk yang kontribusinya paling berpengaruh bagi penyedia e-commerce," ujarnya. Dalam survei Google bertajuk “Business Insight with Google: Pelanggan Online Indonesia”, disebutkan bahwa rata-rata uang yang dibelanjakan untuk membeli pakaian hanya seperempat dari dana untuk membeli perangkat bergerak. Survei yang dilakukan bersama lembaga riset TNS ini melibatkan 1.300 responden di Tanah Air. Penelitian dilakukan di 12 kota mulai Desember 2013 hingga Februari 2014. Chief Executive Officer BliBli.com Kusumo Martanto menyebutkan, walaupun tidak mendominasi, pakaian menjadi produk favorit di toko online. “Ada tren kenaikan penjualan pakaian di BliBli.com,” kata Kusumo di tempat yang sama. Dia mengatakan sempat ragu dengan potensi penjualan pakaian di BliBli.com. Maklum saja, toko online yang berdiri sejak 2011 ini mengawali bisnisnya dengan menjual telepon pintar dan sabak digital. BliBli.com kemudian membidik peluang lewat pemasaran baju muslim yang kemudian memacu penjualan pakaian. “Indonesia merupakan produsen baju muslim terbesar di dunia. Kami menyediakan sarana bagi mereka untuk memasarkannya,” kata Kusumo. Hasilnya, kini persentase penjualan pakaian di BliBli.com meningkat signifikan. Meski enggan menyebutkan angka pastinya, dalam dua tahun terakhir pertumbuhan BliBli.com naik 30 kali lipat. “Pertumbuhan terdiri dari trafik, jumlah pengguna, transaksi, dan penjualan,” katanya. Perangkat bergerak kategori kelas atas masih mendominasi penjualan produk di BliBli.com. Adapun produk lain yang dijual adalah barang yang berhubungan dengan hobi, antara lain peralatan olahraga dan aksesori sepeda motor. Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/04/02/093567428/Pakaian-Paling-Banyak-Dibeli-di-Toko-Online
kalau saya pribadi lbh suka beli baju secara offline alias ketemu langsung supaya bisa lht bahan dan kualitasnya
Yup, memang perempuan sangat suka belanja baju online, keadaan itu saya manfaatkan untuk menjalankan bisnis online.
terima kasih infonya, peluangnya bagus nih jual pakaian, banyak juga jual kaos cowok laku keras sec online
Pakaian dan aksesorisnya memang paling laris manis, bisa dilihat dari Ecommerce Monthly Report - tinggal benchmark saja kalau laporannya lengkap.
pilihannya bisa banyak kalau online, biaya pengiriman termasuk kecil karena ga terlalu berat. cuma kelemahannya kalau beli baju online adalah kadang ukuran warna tidak sesuai seperti yang kita harapkan.
Persaingan itu akan selalu ada dalam model bisnis apapun yang penting positif thinking dan do good actions.
Pasarnya juga cukup jelas. Hampir semua orang menggunakan pakaian. Jika dibandingkan dengan produk lain, rasanya pakaian memang lebih logis untuk di beli berkali2 atau bahkan dijadikan koleksi.
betul nih, biar ga ketinggalan. bile perlu pedagang asongan juga punya website/toko online sendiri. wkwkwk