Tips meningkatkan Kesuksesan Produk, Walaupun Produk Belum Ada Di Pasaran

Discussion in 'Online Business' started by fangs, Jun 27, 2014.

  1. fangs

    fangs Guest

    Jika anda memberikan produk anda kepada orang lain secara random untuk pertama kalinya, apakah mereka akan langsung menjadi customer anda yang loyal? Mungkin hal ini tidak berlaku di sebagian besar produk, tetapi mungkin saja anda bisa melakukannya pada produk anda.

    Menciptakan permintaan pada produk anda lebih sulit dibanding membangun produk yang hebat. Orang-orang harus mengetahuinya, memahami masalah yang diselesaikan oleh produk anda. Setiap tahun ada ribuan produk yang fantastis gagal karena tidak ada (tidak cukup) orang yang mengetahuinya.

    Apapun itu, apakah anda membangun produk yang nyata, menulis blog atau memulai perusahaan konsultasi, anda akan selalu memulainya dari nol, artinya tidak ada orang yang tahu produk anda. Membangun audience untuk produk dimulai pada hari yang sama saat anda mulai mengerjakan produk tersebut. Faktanya, membangun permintaan untuk produk anda sering kali lebih penting daripada membangun produk itu sendiri.

    Jadi, bagaimana anda membangun permintaan?

    Langkah 1. Cari customer anda

    Walaupun produk anda belum siap digunakan, seharusnya anda sudah memulai mencari customer. Cara ini bisa anda gunakan untuk menguji permintaan pasar (anda bisa mempelajari metodologi lean startup). Jika anda kesusahan untuk meyakinkan orang bahwa mereka membutuhkan produk anda, itu berarti produk tersebut tidak begitu berharga, tetapi jika mereka tidak sabar lagi untuk menunggu produk anda siap, berarti produk anda cukup berharga di mata mereka.

    Pertama-tama, anda harus bisa menebak siapa saja customer yang akan menyukai produk anda. Anda bisa menguji hipotesis itu dengan bertanya ke berbagai jenis customer, termasuk mereka yang menjadi target pasar anda, dan gunakan feedback mereka untuk mempertajam fokus produk anda.

    Bagaimana anda mencari customer? Berikut ini adalah contohnya:

    • Jika anda memulai blog baru anda harus mencoba membangun hubungan dengan blogger dan pembaca dengan berkomentar pada blog yang mirip, bergabung pada perbincangan di Twitter dan menjawab pertanyaan di Quora. Lihat siapa saja orang yang melibatkan dirinya dengan anda dan topik apa yang membuat mereka merasa tertarik.
    • Jika anda sedang membangun aplikasi mobile, anda bisa dengan mudah membuat beta test dimana anda mendistribusikan bagian awal dari aplikasi anda kepada ratusan orang dan lihat perilaku mereka dalam menggunakan aplikasi tersebut. Anda juga bisa membuat landing page menggunakan LaunchRock dan menjalankan beberapa uji coba kampanye iklan untuk mengukur ketertarikan orang dengan menghitung berapa banyak email yang bisa anda kumpulkan.
    • Jika anda membangun produk yang nyata anda bisa dengan mudah mencari orang di Craiglist atau situs iklan baris lainnya dengan biaya $20 untuk bertemu dengan anda selama 30 menit untuk menguji prototype dari produk anda.
    Sebaiknya anda jangan mencari customer yang berasal dari kerabat dekat anda. Jika anda tidak bisa meyakinkan orang yang belum dikenal bahwa produk anda berharga, itu berarti bisnis anda tidak akan sukses.

    Di tahap akhir pencarian customer ini, anda seharusnya sudah memiliki ratusan customer yang bersedia menunggu peluncuran produk tersebut dan anda sangat memahami secara detil target customer andaini.

    Langkah 2. Ikuti kemana mereka pergi

    Sekarang anda tahu siapa saja customer anda, sekarang waktunya mencari tahu dimana mereka berkumpul. Yep, anda bisa mengontak mereka secara satu per satu, tapi ini akan membuang banyak waktu anda. Sebaiknya, anda harus memahami dimana dan kapan customer anda ini berada di tempat yang sama agar anda bisa menghampiri mereka semua.

    Cara termudah untuk mencari tahu dimana mereka berkumpul adalah dengan menjadi salah satu bagian dari mereka. Beberapa tempat yang biasanya customer berkumpul:

    • Customer perusahaan besar biasanya sering berada di acara perdagangan besar dan juga di acara lainnya. Anda harus memahami acara apa yang penting bagi customer anda.
    • Developer (engineer) suka mempelajari hal-hal baru dan datang ke meetup dan juga hackathon. Mereka juga sering berada di forum seperti Stack Overflow.
    • Konsumen menghabiskan waktu di sosial media (Facebook, Twitter, Pinterest) dan membaca berita. Akan tetapi, berdiri di tengah keramaian itu susah, sebaiknya anda cari forum dan outlet yang spesifik dimana customer potensial anda akan mendengarkan anda.
    Beberapa segmen customer, seperti bisnis kecil, tidak pernah berkumpul di tempat yang sama, yang mana ini membuat anda sulit mendekati mereka. Itu kenapa Groupon menghabiskan banyak tenaga tim sales untuk menghampiri customer secara langsung. Mengetahui hal ini di depan akan membantu anda nantinya.

    Di setiap titik perkumpulan, anda bisa menemukan channel yang bisa digunakan untuk mendekati customer. Semakin spesifik, semakin bagus, jadi pillihlah topik yang terkenal di blog daripada di Facebook pada hari-hari awal sampai anda menemukan titik terang.

    Langkah 3. Latihlah Evangelists anda

    Sekarang anda telah mempersempit target customer awal dan tahu bagaimana mendekati mereka, anda masih memiliki waktu sebelum produk anda meluncur untuk memastikan bahwa anda bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan customer. Channel marketing yang paling kuat untuk produk anda adalah word of mouth dari customer yang menyukai apa yang anda lakukan. Anda tidak bisa berada di omongan potensial customer, tapi anda bisa berada di omongan dari customer yang telah merasakan manfaat dari produk anda. Customer yang menyebarkan hal ini dari mulut ke mulut adalah evangelist anda dan anda harus membantu mereka bagaimanapun caranya.

    Daripada duduk saja dan berharap customer anda akan menyukai dan menyebarkan hal ini dari mulut ke mulut, anda harus menciptakan lingkungan dimana mereka merasa dihargai karena membantu anda. Karena anda tidak bisa membayar mereka, berikan mereka hadiah yang lain. Beberapa hadiah yang biasa diberikan dalam program untuk evangelist:

    • Biarkan mereka berada di dalam tahap pengembangan produk anda – memilih customer tertentu atau program early access dimana anda menguji fitur baru dan mengumpulkan feedback, tidak hanya berguna bagi anda, tetapi juga merupakan hadiah besar bagi customer. Mereka tidak hanya mendapatkan akses ke fitur yang secara umum belum tersedia, tetapi mereka juga merasa bahwa mereka ikut serta dalam membangun produk tersebut.
    • Buat mereka kelihatan cerdas – semua orang ingin terlihat cerdas, dan tidak ada cara lain supaya cerdas dengan mengetahui hal yang menarik yang tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Pastikan evangelist anda tahu produk terbaru, inovasi terbaru, dan acara terbaru anda. Memiliki newsletter untuk “orang dalam” yang ditujukan ke evangelist tidak hanya membantu mereka terlihat cerdas, tetapi juga mendorong mereka untuk menyebarkan berita itu.
    • Menghargai merekaevangelist bersedia memberikan waktu dan reputasi mereka untuk menyebarkan informasi tentang produk anda, setidaknya hal yang bisa anda lakukan adalah menghargai upaya mereka. Selalu tanggapi mereka dengan cepat. Berikan mereka kesempatan untuk menjadi guest blogger atau masukkan komentar mereka ketika anda berbicara tentang produk anda.
    • Berikan mereka diskon – dalam beberapa kasus diskon juga berpengaruh baik kepada evangelist. Tetapi berhati-hatilah karena ini akan membuat persepsi lain karena anda akan dianggap membayar orang untuk menyebarkan informasi pada produk anda.
    Mengetahui evangelist potensial itu mudah, mereka adalah customer yang sangat antusias dengan produk anda dan paling aktif selama periode uji coba produk anda. Terkadang evangelist terbaik itu bermula sebagai orang yang suka mencela produk anda, namun mereka berubah menjadi evangelist melalui pelayanan customer yang luar biasa dari anda dan memahami kebutuhan mereka.

    Tentukan evangelist anda sebelum anda meluncurkan produk, ini akan memberikan anda sekelompok orang yang bersedia membantu anda menyebarkan informasi tentang produk anda.

    Langkah 4. Ukur, ukur, dan ukur

    Anda masih belum meluncurkan produk, tetapi anda telah mengetahui siapa customer anda nantinya, bagaimana mendekati mereka dan bagaimana membantu mereka menyebarkan informasi tentang produk anda. Di sisa waktu yang anda punya, pastikan bahwa anda telah menentukan analytic yang tepat untuk membantu anda mengukur customer anda ketika anda meluncurkan produk. Apapun yang anda lakukan sebelum peluncuran adalah hipotesis dan anda harus bisa memverifikasikan atau membatalkan hipotesis ini secepat mungkin.

    Bahkan setelah anda meluncurkan produk, anda jangan pernah berasumsi bahwa customer anda adalah entitas yang statis bahwa keesokan harinya mereka adalah orang yang sama dengan hari ini. Mereka akan berubah seiring waktu, sama seperti anda, dan anda harus mengukur dan menyesuaikan ketika hal ini terjadi.

    Langkah 5. Luncurkan!

    Ini adalah waktu peluncuran!

    Yep, anda melakukan banyak pekerjaan untuk mencari, mempelajari, dan meningkatkan jumlah customer bahkan sebelum anda memiliki produk. Pekerjaan ini akan dibalas dengan tingkat kesuksesan produk anda yang semakin tinggi.

    Sumber: seanonstartups.com http://startupbisnis.com/belajar-bi...da-walaupun-produk-anda-belum-ada-di-pasaran/

    Kalao da rekomendasi, silakan balas threadnya ya. Makasih :D
     
    ebaharu likes this.
  2. Ucok Napitoe

    Ucok Napitoe New Member

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Wah...wah..wahhh...keren mbak.. boleh dicoba nih. Ini lagi-lagi yang saya cari yang cocok buat starup baru saya. Good News
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    bagus nih tipsnya.. memang tantangan sih dengan produk baru apa masyarakat bisa menerima, karena biasanya cukup sulit meyakinkan calon customer
     
  4. fangs

    fangs Guest

    Makasih Ucok, soalnya pas lihat articlenya bagus, pingin share k tmn" d forum, biar byk yg tau dech. Semoga aja bs bantu tmn" yg ingin memulai bisnis.

    selamat mencobanya ya :D
     
  5. fangs

    fangs Guest

    bner dech mmg tantangan nya pertama" c agk susah. tp kita harus jg mencari pelanggan yg ingin coba produk kita. Habis tuh menyuruh pelanggan yg udah cb kasih komentar, nanti bs menyakinkan pelanggan laennya jg dech :D
     
  6. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    naahh,,biasanya klu customer yang puas bisa diminta testimoninya.. lumayan sebagai modal untuk mencari customer lain
     
  7. fangs

    fangs Guest

    iya dech, 1 tips lagi bs menyuruh tmn" mu mengpromosikan produk nya k tmn" yg laen. minta tmn"mu komentar produknya k tmn" laen. kita juga bs memasarkan melalui social media jg utk tahap pertama"
     
  8. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    passs...sosmed sekarang lagi booming,,jangan lupa dimanfaatin :)
     
  9. fangs

    fangs Guest

    iya selagi sosmed booming, harus d manfaatin bagus, jgn d sia" in aja dech :D
     
  10. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    984
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    langkah ke 6 jangan lupa, doa dan shodakoh


    klo bisa taruk di langkah pertama :D
     
  11. fangs

    fangs Guest

    *bagus* sip gan, kita harus byk berdoa, nanti d berkati dech kita. pasti bisnis yg d jalan kan lancar ya :D
     
  12. Apif77

    Apif77 Member

    Joined:
    Jun 23, 2014
    Messages:
    42
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    ya gan, cukup membantu tips-nya. kebetulan ane juga blogger baru nih. butuh banyak tips cara ngeblog termasuk cara cari customer..
     
  13. ebaharu

    ebaharu Member

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    258
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Wiiiiih daging, terimakasih tipsnya....
    Saat ini sudah mulai banyak bermunculan para pembisnis dari generasi muda yang melek teknologi internet.
    Semoga bermunculan para netpreneur-netpreneur yang sukses setelah menerapkan tips ini.

    Salam kenal @fangs
    *peace*
     
  14. fangs

    fangs Guest

    sama-sama" iya nanti w cri tips yg blog dech... kalao da tar w sharing ma tmn" forum biar bs bantu xan smua.. :D
     
  15. fangs

    fangs Guest

    iya bner skrg kbaykan bisnis online d generasi kita dech. tar pasti berkembang pesat d dunia bisnis online. iya moga" aja masa dpn byk yg para" netpreneur" yg sukses. :D
     
  16. Gagat Riyadi

    Gagat Riyadi Member

    Joined:
    May 10, 2014
    Messages:
    154
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Heee bagus juga tipsnya,, tapi jangan lupa Doa nya juga.. karena sekeras apapun action yang kita lakukan tetap saja yang menentukan Alloh..
     
  17. V.S.M

    V.S.M Member

    Joined:
    May 24, 2014
    Messages:
    169
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    kalau produk baru harus rajin untuk branding... *bagus*
     
  18. fangs

    fangs Guest

    *bagus* iya bner gan, rajin berdoa biar smuanya berjalan lancar dech gan :D
     
  19. fangs

    fangs Guest

    bner gan *bagus*, pertama" kita harus rajin branding dulu, kalao engak ga da org tw dech produk kita. harus promosi juga di social media :D
     
  20. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    901
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    untuk mencari customer kudu sabar banget dan harus ngerti karakter dr setiap calon customer
     
Loading...

Share This Page