Cara Membangun Reputasi Merek Anda di Dunia Online

Discussion in 'Online Business' started by fangs, Jul 2, 2014.

  1. fangs

    fangs Guest

    Dalam dunia bisnis, merek merupakan hal penting untuk membedakan produk Anda dengan produk lain dalam value yang ditawarkan. Anda merupakan salah satu wujud representasi dari merek Anda. Anda harus mampu membangun merek melalui konten-konten yang ada di website, media sosial, event, saat rapat internal maupun saat Anda berkomunikasi dengan konsumen.

    Anda harus mampu membuat konsumen merasakan pengalaman emosional dengan merek Anda. Banyak bisnis yang berusaha sekuat tenaga untuk melakukan usaha Branding dengan berbagai pendekatan. Tidak jarang, banyak dari mereka yang tidak tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan. Berikut beberapa tips yang dilansir dari Inc.com untuk membantu Anda untuk memperkuat reputasi merek Anda di dunia online:

    1. Waspada. Monitor dan perhatikan apa yang orang-orang bicarakan mengenai Anda, produk Anda, servis Anda, kompetitor Anda, dan industri yang sedang terjadi di dunia maya. Cerna informasi tersebut dan buatlah pesan yang intinya menguatkan merek Anda di mata mereka.
    2. Jujur. Jika ada isu produk yang menimpa merek Anda, maka jujurlah pada konsumen mengenai apa yang sedang terjadi. Konsumen akan menghargai komunikasi Anda yang jujur kepada mereka dibandingkan menutupi isu tersebut.
    3. Terbuka. Memang tidak semua orang terbuka terhadap beberapa hal. Contohnya saja ketika perusahaan, produk, servis, maupun karyawan Anda mendapat masalah. Anda akan mengalami kesulitan untuk mempertahankan diri. Tetapi, jika Anda terkena masalah dan Anda berusaha untuk berbicara kepada konsumen dan menyelesaikan masalah tersebut dengan baik-baik, Anda akan membuat konsumen Anda menjadi loyal.
    4. Aktif. Banyak bisnis yang aktif melibatkan konsumen di hampir seluruh media sosial seperti Facebook, Twitter,dan sebagainya. Jika Anda berpikir bahwa Anda harus menggunakan seluruh media sosial tersebut, Anda salah besar. Sebaliknya, Anda harus menentukan media sosial apa yang efektif digunakan perusahaan. Anda harus mendorong mereka untuk berpartisipasi dan lebih aktif di media sosial tersebut.
    5. Konsisten. Anda harus konsisten terhadap apa yang Anda komunikasikan mengenai merek Anda baik saat Anda berbicara ke orang lain, menulis di blog, menulis tweet ataupun saat berada di acara networking.
    6. Kreatif. Tidak semua komplain di media sosial harus ditanggapi. Namun, Anda perlu kreatif dalam menangani masalah tersebut. Hal ini akan membuat konsumen Anda menghargai usaha Anda yang berusaha menyelesaikan masalah dengan cara-cara yang tidak biasa.
    7. Bangga. Sebarkan visi perusahaan Anda. Dorong karyawan untuk memasang visi perusahaan di kantor. Selain itu, berikan piagam penghargaan untuk karyawan terbaik Anda. Cantumkan nama karyawan tersebut di website dan media sosial Anda. Hal ini akan menumbuhkan rasa bangga terhadap merek maupun perusahaan.
    By Septi Wijaya
    Sumber dari http://www.the-marketeers.com/archives/cara-membangun-reputasi-merek-anda-melalui-online.html
     
  2. mimi.do

    mimi.do Member

    Joined:
    May 27, 2014
    Messages:
    176
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    bagus tipsnya... makasih sudah dishare *bagus*
     
  4. fangs

    fangs Guest

    Thanks gan, da rekomendasi laen gak? kita bs sharing opini dech d sni..
     
  5. fangs

    fangs Guest

    Makasih gan, da pendapat laen gak, biar kita share d sni. Diskusi sama" dech gan
     
  6. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    maklum puasa jadi kurang bisa berpikir jernih nih :p
     
  7. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    iya memang betul, menjaga brand memang sangat pentng dalam usaha kita
     
  8. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,239
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Mbak @fangs, sudah paham dengan isi threadnya gak nih? ^_^
     
  9. fangs

    fangs Guest

    iya, gerti :D tp usahin kasih pendapat ya gan, biar kita bs diskusi sama" dech. walaupun puasa pikirannya jg harus jalan. peace-peace *halo*
     
  10. fangs

    fangs Guest

    iya gan, branding penting dlm sebuah bisnis. membangun sebuah branding tidak semudah d bayangkan, harus perlu waktu dan trick utk membangunnya dech :D
     
  11. fangs

    fangs Guest

    gerti gan, jgn buka kartu di sini dong, jd malu nich ane *ketawa3*. gmn da pendapat laen gak gan?
     
  12. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,239
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Poin nomer 4. Jika ingin mendapatkan pelanggan yang banyak menurut saya harus bisa meraih mereka melalui sosial media.
     
  13. floweradvisor

    floweradvisor Member

    Joined:
    Feb 6, 2014
    Messages:
    166
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    dan semua proses ini membutuhkan proses waktu yang berbeda di setiap masing'-masing brand, perusahaan
     
  14. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,653
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Betul juga yah, memang sosial media tergolong cepat untuk bisa berinteraksi dengan konsumen tapi gak sedikit juga malah menjadi sasaran empuk pelanggan yang kecewa. :D alhasil diam seribu basa pura2 tuli dan buta *jail*
     
  15. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,239
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Itu kalau tidak bisa memberikan pelayanan yang baik Mas. Kalau begitu mending tidak perlu memakai jejaring sosial :)
     
  16. Killua Zoldyck JR

    Killua Zoldyck JR New Member

    Joined:
    Jul 4, 2014
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
  17. fangs

    fangs Guest

    bner jg gan, kbyakan pelanggan lbh aktif d social media. kita bisa meraih lbh byk dr social media. :D
     
  18. fangs

    fangs Guest

    bner gan, tp kita juga harus sabar utk membangun brand perusahaan, tp semudah d bayangkan dech :D
     
  19. fangs

    fangs Guest

    *bagus* tp tergolong cepat utk bisa berinteraksi dgn konsumen, kita juga harus menjaga hubungan baik dgn konsumen. kalao tidak mah, nantinya mengkasih image yg kurang bagus dech :D
     
  20. fangs

    fangs Guest

    *bagus* pelayanan terpenting d bidang bisnis, kalao pelayanan bagus pasti otomatis konsumen kita akan mengrekomendasi k tmn" mrk. jdnya kita otomatis bs mendapat byk konsumen.
    tp kita jg harus perlu memakai jejaring sosial jg, jgn cman tergantung sama pelayanan aja dech, menurut ane c
     
Loading...

Share This Page