Waspadai Gejala Terkena Stroke

Discussion in 'Health & Medical' started by Engz0386, Jul 31, 2015.

  1. Engz0386

    Engz0386 Member

    Joined:
    Mar 27, 2013
    Messages:
    29
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Pada awal terserang penyakit stroke biasanya gejala awal yang akan mengalami gangguan yaitu pada sistem saraf pusat yang mengalami kelemahan otot (Hemiplegia), terasa kaku dan dapat mengalami penurunan fungsi sensorik. Pada bagian otak terdapat 12 saraf cranical yang mengalami kerusakan, sehingga dapat menyebabkan terjadinya penurunan pada kemampuan seperti pada indera penciuman, indera perasa, indera pendengaran, indera penglihatan, reflex menurun, mengalami gangguan pada ekspresi wajah, terganggunya detak jantung dan lidah lemas, sulit untuk berbicara, daya ingat menjadi menurun dan sering merasa kebingungan.
    [​IMG]

    Tetapi jika gejala tersebut dapat menghilang dalam waktu 24 jam, maka hal itu dapat dipastikan bahwa penderita mengalami transient ischemic attack (TIA) yang dikenal dengan stroke ringan atau awal serangan stroke.

    Setelah itu, terdapat beberapa fase akut bagi penderita selang dalam beberapa hari pada saat setelah terserang stroke. Pada saat melewati minggu pertama biasanya kemungkinan besar penderita akan kembali terserang stroke yang lebih kuat dari yang sebelumnya. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh karena meluasnya jaringan otak yang mengalami kelumpuhan, sehingga serangan stroke akan lebih berat pada saat selama minggu pertama. Jika telah ldari seminggu stroke semakin parah, maka dapat dipastikan jika penderita mengalami evolusi stroke (stroke in evolution).

    Jika gejala stroke semin parah, maka dapat dilihat dengan tanda yang timbul seperti mulutnya yang tadinya normal menjadi mencong saat berbicara. Pergerakan anggota tubuh menjadi lemah, semakin kesulitan untuk berbicara. Hal itulah yang mengharuskan kita agar lebih waspada dan bergerak cepat dalam menangani pasien yang terserang stroke. Hal ini dikarenakan jika pasien stroke cepat ditangani, maka mungkin saja hal ini tidak akan pernah terjadi. Agar gejala stroke tidak berkembang semakin parah, maka sebaiknya pasien harus dapat menjaga atau mengendalikan emosinya. Selain itu, oksigenasi ke otak pasien pun harus dijaga dengan baik, karena seseorang yang pernah terserang stroke dapat terserang kembali pada suatu saat dengan kemungkinan sekitar 50%. Hal yang paling ditakutkan juika gejala stroke kembali menyerang, maka gejala stroke yang ditimbulkan akan lebih parah dibandingankan dengan serangat pertama. Hal ini dikarenakan, gejala stroke yang disebabkan serangan pertama belum sembuh .


    Berikut ini merupakan beberapa gejala umum pada penderita stroke, diantaranya yaitu :

    1. Penderita akan merasa sering kesemutan dan timbul rasa baal atau mati rasa pada sebagian anggota tubuh seperti wajah, tangan dan kaki.
    2. Sering merasa kebingungan dan disusul dengan kesulitan untuk berbicara dan jika berbicara pelo.
    3. Bagi sebagian penderita penyakit stroke dapat mengalami kebutaan pada satu mata atau disebut dengan stroke mata.
    4. Secara tiba-tiba seseorang yang terserang stroke akan mengalami kesulitan berjalan dan kehilangan keseimbangan tubuh.
    Sumber
     
  2. Agung Hari Wibowo

    Agung Hari Wibowo New Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Sepakat. Pengalaman saya memang gejala umum itu sering terjadi pada pasien stroke.
     
  3. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Paling gak kita harus senantiasa hidup sehat, olahraga teratur juga
     
Loading...

Share This Page