Awas Benjolan Jinak Dan Berbahaya Di Payudara

Discussion in 'Health & Medical' started by Aditya purnama, Apr 17, 2015.

  1. Aditya purnama

    Aditya purnama New Member

    Joined:
    Apr 17, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada payudara merupakan tindakan awal mencegah ancaman kanker Payudara.

    [​IMG]
    Perhatikan dengan cermat perubahan yang terjadi pada payudara Anda. Semakin dini pengecekan, maka risiko kanker payudara semakin bisa diminimalisirkan.

    Benjolan lembut
    Benjolan saat disentuh terasa lembut halus, berbentuk bulat (seperti buah anggur) yang mudah bergeser sedikit ketika Anda menekan di atasnya. Bentuknya bisa besar atau kecil dan menimbulkan rasa sakit ketika disentuh. Waspadai itu gejala kista sederhana atau kantong berisi cairan alami.

    Perubahan hormon sekitar masa menstruasi bisa menjadi penyebabnya. Sekitar 30 persen wanita berusia 30-50 tahun mengalaminya. Lakukan USG untuk melihat apakah benjolan tersebut berisi cairan atau padat (kemungkinan kanker).

    Cairan
    Hati-hati bila keluar cairan lewat kedua puting susu padahal tidak sedang menyusui atau hamil. Biasanya, masalah di kelenjar tiroid atau hipofisi menjadi penyebab. Namun, waspadai bila cairan disertai darah (mungkin kanker) atau cairan dengan warna kekuningan atau kehijauan (infeksi).

    Benjolan keras
    Bila Anda menemukan sebuah benjolan keras dan padat dengan bentuk tidak teratur atau bergerigi dan saat ditekan, benjolan tidak bergerak, mungkin itu kanker atau tumor. Penyebabnya tidak diketahui, namun riwayat kesehatan keluarga menjadi faktor risiko utama. Tak ada cara lain selain segera temui dokter dan lakukan mammogram.

    Benjolan licin dan mudah digerakkan
    Bila menemukan benjolan keras, bulat dan bisa bergeser saat disentuh tanpa menimbulkan rasa sakit, mungkin Anda mengalami Fibroadenoma. Tumor jinak ini biasa diderita perempuan muda usia 20 tahunan akibat perubahan tingkat hormon. Segera temui dokter untuk mammogram. Jika tumor sudah besar, harus dilakukan operasi pengangkatan.(ghiboo)

    Kanker payudara merupakan pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel payudara yang berubah menjadi ganas. Saat ini, kanker payudara adalah kanker yang paling banyak dialami oleh wanita di seluruh dunia. Di Indonesia, kasus kanker payudara mencapai 35 persen dari total kasus kanker.
    Coba perhatikan apakah ada bentuk perubahan pada payudara seperti benjolan yang keras atau terasa nyeri saat dipegang, kemudian bentuk yang tidak semestinya, atau mungkin juga kulit dan puting yang mengkerut. Jika anda menemukan tanda yang aneh pada payudara anda dan curiga adanya tumor payudara jinak, maka segeralah ke dokter.
    baca juga pengobatan tradisional kanker payudara
     
  2. Zullr

    Zullr New Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Paling dikhawatirin sama para wanita ya salah satunya ini
     
Loading...

Share This Page