Macam-macam Jajanan Pasar yang Lezat

Discussion in 'Cooking' started by Bikin Kaos Online, May 14, 2016.

  1. klepon-indonesian-food-1024x631.jpg Indonesia kaya akan hasil alam, kebudayaan dan macam jenis kulinernya. Salah satu kategori kekayaan kuliner yang dimiliki adalah jajanan pasarnya yang enak.

    Jajanan pasar adalah pangan yang biasa kita temukan di pasar-pasar tradisional. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari yang rasanya manis hingga gurih. Saat ini, jajanan pasar masih banyak sekali diminati. Bukan hanya untuk camilan pribadi, jajanan ini pun kerap dijadikan sebagai hidangan keluarga pada hari-hari besar.

    Jenis jajanan pasar sangatlah banyak, berikut akan kita bahas sebagian. Siapa tau, mungkin salah satunya berasal dari daerah mu!

    Kue Serabi

    Surabi atau biasa kita sebut serabi terbagi kedalam dua jenis, yakni serabi manis dan serabi asin. Bedanya, serabi manis menggunakan bahan dasar kinca sedangkan serabi asin dilenkapi taburan oncom diatasnya.

    Di bandung, jajanan ini biasa di jual pada pagi hari dan diproses menggunakan tungkku. Sehingga rasa yang dihasilkan pun berbeda. Seiring berkembangnya zaman, makanan serabi ini dilengkapi dengan berbagai macam topping seperti keju, sosis dan mayones.

    Banyak kota-kota besar yang menyediakan jajanan serabi ini dengan berbagai variasi rasa seperti Jakarta, Bogor dan Bandung.

    Srabi Solo

    Srabi Solo atau Serabi Solo merupakan makanan serabi khas yang berasal dari Solo. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan sedikit santan. Setelah itu, adonan tersebut digoreng diatas arang.

    Sekilas, jajanan ini mirip sekali dengan panekuk (rasanya pun gurih). Biasanya, srabi Solo ini uga dilengkapi dengan beberapa potongan nagka, pisang atau bahkan meses. Srabi yang paling terkenal kepopulerannya adalah Srabi Notokusuman (biasa disebut sebagai Srabi Notosuman).

    Kue Lumpur

    Kue lumpur merupakan jananan pasar yang termasuk kedalam makanan ringan. Kue ini terbuat dari beberapa bahan utama yakni kentang, santan, telur dan tepung terigu. Kue lumpur juga seringkali dilengkapi dengan vanila sebagai pewangi dan kismis sebagai hiasannnya. Kue ini tergolong kedalam katergori kue basah sehingga tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama.

    Klepon

    Klepon juga sering disebut sebagai onde-onde manis. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan, lalu dibentuk seperti bola kecil dan diisi dengan gule merah. Setelah itu, adonan tersebut dierbus di dalam air mendidih.

    Klepon yang sudah masak, selanjutnya ditaburi dengan parutan kelapa. Dengan demikian, selain rasa manis klepon juga akan diwarnai rasa gurih dari parutan kelapa. Biasanya jajanan ini dialasi dengan wadah yang terbuat dari daun pisang.
     
  2. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  3. ini juga termasuk jajan pasar nggak ya..

     
  4. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Ane sih paling suka serabi *dancing*
     
  5. nasywarana

    nasywarana New Member

    Joined:
    Jun 9, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    yah ampun kleponya bener bener menggoda imanku
     
  6. hasbiallah

    hasbiallah Member

    Joined:
    May 31, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    waduuh saya mah suka aja semuanya. toh pada enak semua..!
     
Loading...

Share This Page