Brand bukan sekedar logo

Discussion in 'General Business' started by Dewanstudio, Jan 25, 2017.

  1. Dewanstudio

    Dewanstudio Member

    Joined:
    Aug 21, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    “Brand bukan hanya free picture, akan tetapi elemen yang penting dalam bisnis”

    Definisi:

    Logo adalah symbol dari identifikasi suatu bisnis atau perusahaan yang biasanya dalam bentuk tampilan visual yang mudah dikenali atau berupa lambang-lambang

    Brand adalah emosi, personality, visi , misi yang ingin dikomunikasikan kepada konsumen ketika mereka berinteraksi dengan perusahaan dan produk Anda

    Jadi jelas bawah logo adalah untuk identifikasi secara simbolik suatu produk. Logo bukan strategi namun sebatas “avatar”. Logo harus mudah diingat, simple tapi tidak ada batasan usia (sepanjang masa) dan yang terpenting bisa mempresentasikan produk Anda. Logo yang berantakan, terlalu komplek dan tidak jelas akan lebih susah dipahami calon konsumen.

    Logo juga berkaitan dengan identitas keseluruhan produk seperti kartu nama, kop surat, perlengkapan marketing, packaging, tAndatangan, brosur, flyer dan sebagainya.

    Berikut dibawah contoh-contoh logo

    [​IMG]







    Brand bukan sekedar logo

    Logo yang mudah diingat adalah keharusan, karena membantu efektifitas branding. Akan tetapi Brand lebih dari sekedar logo. Brand lebih dari sekedar visual identifikasi. Brand adalah emosi, personality, visi , misi yang ingin dikomunikasikan dan janji kita kepada konsumen ketika mereka berinteraksi dengan perusahaan dan produk Anda.

    Logo bukan brand, logo hanya bentuk visual dari brand

    Logo dan brand adalah 2 hal yang sangat berbeda, dimana brand lebih komplek didalam perumusanya dibandingkan dengan logo. Sebuah logo bisa dibuat secara simbolik yang mempresentasikan ide tetapi sesungguhnya makna logo tidak banyak. Logo lebih mudah mengalami perubahan, namun brand yang merupakan identitas perusahaan jarang diubah. Mengubah brand berarti mengubah secara keseluruhan jati diri perusahaan.

    Contoh logo Google yang kita tau sudah berubah, namun brand identity mereka tetap sama. Contoh lain Apple, logo apple sekarang tidak sama ketika baru pertama kali launch, namun brand mereka dengan “Simplicity is well communicated and well received,” tetap sama.

    Branding buat UKM

    Contoh branding diatas (Google dan Apple), atau contoh study kasus Coca Cola (link ke artikel Brand adalah wajah dari perusahaan) mungkin terlihat mudah mengingat semua adalah perusahaan multi Internasional. Buat pelaku UKM, tentu saja tidak akan semudah itu. Bagaimana menciptakan branding yang meaningful (berarti) dan efektif untuk skala yang lebih kecil? Ini semua kembali bagaimana kita sebagai pelaku bisnis UKM menciptakan persepsi bisnis yang jelas dan konsisten. Menghabiskan uang banyak ataupun memiliki cabang dimana-mana tidak selalu menciptakan brand yang kuat. Logo yang bagus dan canggih belum tentu juga sesuai dengan identitas brand. Brand yang kuat adalah yang bisa dikomunikasi secara jelas dan menciptakan pengalaman positif buat konsumen Anda.

    Jasa konsultan branding

    Apakah Anda ingin mengubah logo menjadi brand yang kuat ? Ingin membuat logo yang efektif? Dengan mendengarkan visi dan nilai- nila perusahaan Anda, kami bisa membantu merumuskan brand dan meningkatkan makna logo bisnis Anda menjadi lebih efektif.
     
  2. Ernest

    Ernest Member

    Joined:
    Aug 20, 2015
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    bisikin gan harganya....*halo*
     
  3. Dewanstudio

    Dewanstudio Member

    Joined:
    Aug 21, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Dibisikkin , " Harga relatif, tergantung bagaimana pelaku bisnis menilai value bisnisnya." :rolleyes:
     
Loading...

Share This Page