cara meningkatkan followers tertarget di instagram

Discussion in 'Online Business' started by Martin Handoko, Mar 23, 2020.

  1. Martin Handoko

    Martin Handoko New Member

    Joined:
    Mar 20, 2020
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Followers adalah salah satu komponen penting pada toko online kita di Instagram baik bagi kita yang berjualan produk fisik maupun produk digital atau jasa. Namun, ternyata jumlah followers tidak berbanding lurus dengan omzet, kita bisa saja memiliki jumlah followers yang banyak namun jika tidak tertarget maka omzet mu pun tidak akan meningkat.

    Saya ingin sharing 3 cara yang sudah saya gunakan untuk meningkatkan jumlah followers tertarget di Instagram saya, serta pro dan kontra dari masing-masing metode.

    I. FOLLOW UNFOLLOW TERTARGET

    Untuk melakukan ini Anda harus mengetahui Instagram pesaing atau Influencer/Public Figure yang sesuai dengan niche/produk/jasa Anda. Target followers mereka yang pernah melakukan interaksi (likes, comment, dsb) kemungkinan besar followers memang menyukai niche tersebut.

    Follow Unfollow 20 profile 2-4x dalam sehari, jangan terlalu sering nanti akan terkena temporary block dari Instagram (terutama akun baru)

    Kelebihan : Mudah dilakukan dan terbukti menambah Followers
    Kekurangan : Kebanyakan followers yang follow balik hanya iseng dan sedikit yang melakukan pembelian.

    II. POSTING KONTEN RUTIN DENGAN HASHTAG

    Posting konten dengan rutin (1 hari 2-3x) dengan menggunakan hashtag yang berbeda di tiap post. Ide hashtag bisa didapatkan dari suggestion yang muncul dari Instagram sendiri. Jangan selalu hard selling gunakan teknis copywriting yang membangkitkan emosi dari pengunjung. Review setiap post, perbanyak post dengan reach luas dan memperoleh banyak like dan comment.

    Review dapat kamu lakukan di menu "Insights" pada Instagram Bisnis.

    Kelebihan : Followers yang didapatkan lebih tertarget dan memiliki kecenderungan membeli lebih besar
    Kekurangan : Lebih sulit dilakukan dan hasil baru didapatkan dalam jangka waktu yang cukup lama

    III. PROMOSI BERBAYAR DENGAN INFLUENCER ATAU INSTAGRAM ADS

    Cara ketiga dengan melakukan promosi berbayar, kamu bisa bekerjasam dengan Influencer yang sesuai dengan niche kamu atau memasang iklan di Instagram.

    Kelebihan : Hasil yang didapat sangat cepat dan bisa mendapatkan banyak penjualan.
    Kekurangan : Tidak gratis, perlu budget/modal untuk promosi

    Saya pribadi sendiri melakukan no II dan III, khusus untuk no III biasanya saya melakukan secara berkala dengan memberikan giveaway.

    Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai Cara jualan di Instagram bisa mampir ke website saya. Semoga sharing saya ini bermanfaat.
     
  2. Martin Handoko

    Martin Handoko New Member

    Joined:
    Mar 20, 2020
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Saya tambahkan sedikit postingan saya sebelumnya di bagian III - Promosi Berbayar Menggunakan Influencer

    Setelah mencari influencer yang sesuai dengan niche saya, tahap selanjutnya adalah mengecek "Engagement Rate"
    Perlu diingat Influencer dengan followers banyak belum tentu dapat membantu Kamu dapat traffic atau penjualan. Carilah Influencer dengan Engagement Rate yang ideal.

    Contoh seperti ini:

    Katakanlah produk saya ada di niche fitness, saya mau menjual supplemen atau pakaian olahraga.

    Maka saya mencari Influencer yang suka posting sedang berolahraga di Instagram mereka.

    Saya ambil contoh Gisela (@gisel_la) dan Jennifer Bachdim (@jenniferbachdim), karena keduanya suka posting waktu berolahraga di Instagram mereka.

    Gisela memiliki follower 26.6 Juta Follower sedangkan Jennifer Bachdim memiliki follower 0.95 Juta Follower.
    Apakah Gisela pasti lebih bagus engagementnya? Coba kita analisa lebih mendalam ya.

    Kalian bisa cek Engagement Rate dengan tools phlanx.com (engagement calculator), tentu saja semakin banyak followers engagement rate akan semakin kecil. Berikut adalah engagement rate yang direkomendasikan.

    [​IMG]

    Dan ini hasil pengecekan engagement rate dari gisela dan jennifer bachdim

    [​IMG]

    Kita lihat engagement rate gisela di bawah ideal, untuk followers > 1 juta engagement rate ideal 1.97% sementara gisela hanya 0.32%. Bagaimana dengan Jennifer Bachdim?

    [​IMG]

    Engagement rate Jennifer Bachdim 3.26% jauh di atas ideal untuk followers 100K-1M - 2.05%

    Dari case di atas jika saya mau menargetkan penjualan barang olahraga saya akan lebih memilih Jennifer Bachdim karena dari engagement rate followernya lebih banyak berinteraksi sehingga peluang mereka merespon posting endorse lebih besar.

    Note: Case di atas hanya contoh cara saya mencari influencer.

    Semoga bermanfaat ya.
     
  3. Acep Husen

    Acep Husen Member

    Joined:
    Apr 8, 2018
    Messages:
    20
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    sangat bermanfaat terima kasih infonya kang
     
    Martin Handoko likes this.
Loading...

Share This Page