Cara Menambah Pelanggan di Usaha Kita

Discussion in 'General Business' started by harsonoegi, May 19, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Sedikit Sharing Mengenai Cara Menambah Pelanggan di Usaha Kita.

    1. Jangan Abaikan Pelanggan

    Banyak pengusaha UMKM yang menargetkan pelanggan baru untuk bisnisnya namun pelanggan lama akhirnya terabaikan padahal pelanggan lama lebih loyal terhadap bisnis tersebut. Untuk menghindari hal ini, cobalah berikan layanan yang sama antara pelanggan baru dan pelanggan lama, agar Anda bisa meraup keuntungan dari keduanya.


    2. Berikan Peningkatan Kualitas Produk

    Pastikan semua produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik dan layak sesuai dengan harga yang Anda tentukan. Karena itu merupakan hal yang pertama kali diperhatikan sebelum menjalankan sebuah usaha. Anda harus melakukan pengecekan terhadap produk secara rutin agar kualitas produk tidak menurun. Apabila kualitas produk Anda menurun, besar kemungkinan pelanggan Anda akan beralih ke produk lain.


    3. Buat Program yang Positif

    Banyak pelanggan yang akan senang berpartisipasi dalam sebuah program yang positif. Ajaklah pelanggan Anda menjadi bagian dari masyarakat yang peduli akan isu-isu sosial atau lingkungan. Contohnya menghentikan penggunaan pemakaian plastik dan menggantikannya dengan reusable bag. Hal tersebut merupakan sebuah kampanye Go Green. Selain itu juga Anda bisa mengajak mereka untuk melakukan donasi melalui website.


    4. Menggunakan Testimoni Untuk Menarik Pelanggan Loyal

    Mintalah testimoni kepada pelanggan setia Anda, cara ini efektif untuk membangun persepsi pertama pelanggan baru Anda. Karena dengan begitu pelanggan baru bisa belajar tentang produk dan pengalaman pelanggan dari bisnis Anda.

    Selain itu jika Anda beruntung memiliki pelanggan seorang influencer Instagram atau Youtube yang memiliki Followers yang banyak Anda dapat mewawancarai mereka dan tanya pendapat mereka tentang bisnis Anda.


    5. Terus Berinovasi Menciptakan Varian Baru

    Anda harus melakukan inovasi terhadap produk karena pelanggan bisa cepat bosan. Jika anda tidak melakukan strategi pengembangan produk, yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan varian-varian baru.
     
  2. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Mungkin bisa ditambahkan dengan memberikan diskon dan bonus kali ya gan :)
     
  3. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    bisa tuh gannnn mantap sekali
     
  4. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    wah mantap betul bosku
     
  5. Pubiway

    Pubiway New Member

    Joined:
    Jan 12, 2019
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ada tips yang manjur buat menjaring pelanggan.
    Sharing secara gratis manfaat dari produk kita. Memang awalnya tidak ada keuntungan, tapi setelahnya brand kita akan terbentuk di calon pelanggan
     
  6. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    608
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    dapet pelanggan baru memang susah, pelanggan lama juga harus tetap dipelihara
     
  7. HartK

    HartK New Member

    Joined:
    Jul 4, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    yang susah adalah berinovasi haha apalagi kalau sudah nyaman dengan usaha yang dijalani dan dipikirannya ah sudahlah uda gede ini jadi ngapain pusing. Padahal mah jangan gitu.
     
  8. HartK

    HartK New Member

    Joined:
    Jul 4, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    double post. maafkan.
     
  9. Rumbaku

    Rumbaku New Member

    Joined:
    Mar 20, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kuncinya mungkin selalu ngiklan gan
     
    harsonoegi likes this.
  10. Raka Joon

    Raka Joon New Member

    Joined:
    Jun 9, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    pelayanan penting banget, klo marketing sudah bagus tapi dari segi pelayanan kurang ya sama aja
     
  11. konveksiantas

    konveksiantas Member

    Joined:
    May 4, 2019
    Messages:
    23
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    ane tambahin 1 , harga terjangkau :D
     
    harsonoegi likes this.
  12. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    50
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    tambah platform penjualan biar yg org yg tau bisnisny jadi lebih byk. terus buat konten2 yg bagus buat menarik org. kalo ada modal bisa ngiklan biar makin mantap
     
  13. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    50
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    bisa juga dgn menjaga komunikasi sama pelanggan misalnya berinteraksi di medsos. kalo ada yg DM/komen dibales. Terus follow up jg jadi kalo ada yg kurang memuaskan bs lgsg diperbaiki
     
Loading...

Share This Page