3 Pertanyaan Konsumen Untuk Toko Online Anda

Discussion in 'E-Commerce' started by mukti, Jun 20, 2016.

  1. mukti

    mukti New Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Anda tentu sudah tahu dengan pasti jika konsumen melakukan penelitian produk sebelum melakukan pembelian? Setidaknya ada 3 pertanyaan konsumen untuk toko online anda sebelum mereka membeli.

    Konsumen akan selalu mencari jawaban atas pertanyaan mereka seputar produk yang mereka inginkan dengan berbagai cara.

    Tetapi pada umumnya mereka memulai dengan bertanya kepada mesin pencari.

    Sekarang anggaplah hal ini....

    Anda sudah mengetahui apa pertanyaan calon konsumen anda. Kemudian anda membuat sebuah konten atau artikel di website anda untuk menjawab pertanyaan tersebut.

    Kemudian ada seorang calon konsumen anda yang mengetikkan pertanyaan tersebut di Google apa yang akan terjadi ?

    Kemungkinan besar Google akan menampilkan konten website anda di laman hasil pencarian dan dalam hitungan detik calon konsumen mendarat di website Anda.

    Seorang calon pembeli berhasil anda dapatkan.

    Dan itulah cara kerja content marketing.

    Terlihat sederhana, bukan ? Dan memang sederhana seperti itu. Yang perlu anda lakukan hanya menyediakan jawaban atas setiap pertanyaan konsumen agar mereka datang ke website anda.

    Tapi mengapa sedikit perusahaan yang melakukannya ?

    Karena banyak perusahaan tidak peduli pada konsumen dan hanya peduli pada produknya sendiri
    Banyak perusahaan yang cenderung bercerita mengenai dirinya sendiri di website mereka.

    Dan yang menjadi masalah adalah calon konsumen tidak peduli dengan produk mereka.

    Seperti halnya perusahaan, konsumen hanya peduli dengan dirinya sendiri.

    Secara sederhana jika anda ingin menarik perhatian konsumen, anda harus terlebih dahulu menunjukkan kepedulian anda kepada mereka. Tidak ada cara lain.

    Itu sebabnya banyak website perusahaan besar yang hanya melulu bercerita tentang dirinya sendiri bakal kesepian.

    Berikut contohnya.

    Jika anda adalah produsen dan pemegang merek laptop.

    Apakah konsumen akan peduli jika website anda dengan bangga bercerita bahwaq perusahaan mempekerjakan 1.000 karyawan ? Perusahaan Anda telah memenangkan award ini dan award itu ?

    Padahal konsumen yang datang ke website anda justru mencari informasi mengenai harga laptop, spesifikasi laptop, perbandingan antara laptop merek X dengan merek Y, cara mengajukan klaim garansi, dan sebagainya.

    Apakah jawaban atas pertanyaan calon konsumen anda tersebut tersedia di situs anda ?

    Tidak! Jadi mereka tidak akan pernah sampai ke situs anda karena ketika mereka bertanya ke Google website anda tidak muncul di laman pencarian.

    Sekarang anggaplah mereka menemukan jawaban yang mereka cari di situs pesaing anda ?

    Maka pesaing anda berpeluang besar mendapatkan pembeli. Tentunya anda tidak ingin itu terjadi terjadi bukan?

    Jadi seperti inilah kondisi yang ingin anda lakukan :

    Anda menginginkan website anda sebagai penyedia informasi yang pertama dan terlengkap serta mudah ditemukan konsumen di industri anda.

    Dan jika anda ingin melakukannya, saya akan menunjukkan bagaimana melakukannya.

    Jawab 3 Pertanyaan Konsumen Untuk Toko Online Anda
    Pada dasarnya akan ada 3 pertanyaan konsumen untuk toko online anda yang selalu muncul dan berulang-ulang.

    Jadi, jika sekarang anda sedang giat memasarkan produk atau jasa secara online, anda harus mempunyai jawaban ketiga pertanyaan berikut di website Anda:

    1. Berapa harganya ?
    Dalam bisnis apapun harga menjadi sesuatu yang pasti ditanyakan calon pembeli dan ini menempati peringkat teratas dalam daftar pertanyaan konsumen.

    Jadi jangan katakan anda tidak mencantumkan harga produk anda di website.

    Riset yang dilakukan oleh kelompok e-tailing mengungkapkan bahwa 94 % pembeli online meluangkan waktunya untuk membandingkan harga supaya menemukan harga termurah..

    Secara sederhana perusahaan yang tidak memberi informasi tentang harga produk di website mereka, sama halnya mengusir calon konsumen untuk pergi ke website pesaing.

    Apa yang terjadi bila pesaing Anda mencantumkan harga produknya di website mereka ?

    Lebih sering daripada tidak, konsumen membeli dari pesaing anda.

    2. Mengapa produk ini sering mengalami masalah A,B,C…. ?
    Pada umumnya setiap industri memiliki issue-issue populer di kalangan konsumennya masing-masing.

    Contohnya dalam industri maskapai penerbangan seperti Lion Air. Issue berulang yang sering dikeluhkan pelanggan adalah delay dan penelantaran penumpang.

    Dalam industri penyedia jasa internet seperti telkomsel flash. Issue utama dikalangan pelanggan mereka adalah koneksi yang tidak konsisten. Kadang lelet… kadang lemot.

    Solusi yang bisa Anda ambil untuk mengatasinya :

    Buatlah daftar issue-issue berulang dikalangan konsumen mengenai produk di industri anda.

    Kemudian buatlah sebuah artikel atau lebih bagus lagi blog yang mengulas tuntas masalah tersebut.

    Kejujuran anda untuk mengakui keberadaan masalah-masalah tersebut mampu meningkatkan kredibilitas anda sebagai pebisnis.

    Ungkapkan mengapa masalah itu terjadi dan berikan solusi bagi pelanggan jika masalah tersebut menimpa mereka misalnya menghubungi customer service bebas pulsa 24/7.

    Jangan pura-pura tidak tahu masalah tersebut

    Satu hal yang tidak dapat anda kendalikan adalah pengalaman pelanggan terhadap produk anda.

    Pelanggan akan mencari sendiri jawaban dari setiap masalah yang dihadapinya.

    Cepat atau lambat hanya masalah waktu karena pasti ada situs lain yang menyediakan informasi mengenai masalah tersebut. Bayangkan apa yang mungkin terjadi bila konsumen menemukan informasi secara sepihak mengenai produk dari situs lain ?

    Mengapa harus pihak lain juka anda bisa mengundang pelanggan untuk membicarakan masalah tersebut secara langsung melalui situs anda sendiri.

    3. Mana yang lebih baik: produk A atau produk B ?
    Dalam semua industri setiap merek memiliki pesaing.

    Karena itu kemungkinan besar Anda akan menemukan pertanyaan pelanggan seperti ini

    Rora @edwinbuwas

    Hahaha tul...pke provider apa Oum? Tsel ama Indosat bgus mana?
    Jika hal itu terjadi pada merek Anda, memberikan jawaban tetap pilihan terbaik.

    Jadilah berani.

    Di pasar yang kompetitif di era internet anda harus berdiri di depan untuk memproklamirkan produk anda sebagai yang terbaik. Jika anda berpikiran konsumen belum mengenal pesaing anda maka anda keliru besar

    Konsumen akan beralih ke website pesaing jika anda tidak mmpunyai jawaban

    Jika pesaing anda memuat di situs secara terbuka perbandingan produk mereka vs. produk anda dan membuat produk mereka terlihat lebih unggul dari produk Anda.

    Menurut anda apa yang akan terjadi ?

    Kemungkinan besar besar calon konsumen akan membeli di website pesaing anda.

    Jadi mengapa anda tidak melakukan perbandingan di website anda sendiri sekarang?

    Berikut contoh teknik penerapannya jika anda ingin melakukannya
    Kissmetric adalah sebuah developer software untuk analisis pemasaran online.

    Market dan cerukan pasar mereka termasuk ketat karena kehadiran Google yang juga menyediakan software sejenis. Bahkan Google Analityc menyediakan versi gratis dengan fitur yang lumayan lengkap.

    Tapi Kissmetric dengan berani melakukan perbandingan produk mereka vs. Google Analitycs di blog mereka.

    Lihat tombol CTA panah merah pada gambar dibawah :

    [​IMG]

    Jika tombol tersebut diklik maka anda akan melihat apa saja keunggulan produk mereka yang tidak dimiliki oleh Google Analityc.

    Tindakan anda selanjutnya
    Pastikan informasi yang tersedia di website Anda menutupi ketiga pertanyaan diatas. Lakukan sekarang sebelum pesaing Anda melakukannya.
     
  2. nanina2305

    nanina2305 New Member

    Joined:
    Jun 3, 2014
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  3. widiyuningsih

    widiyuningsih Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    97
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    beberapa kali ada yang mau beli tetapi gagal terus apa yang harus saya lakukan???
     
  4. mukti

    mukti New Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    boleh tau sist punya toko online atau jualan offline?
     
  5. widiyuningsih

    widiyuningsih Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    97
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    toko online sih gan
    tapi mengalir aja nih belum ada power
     
  6. mukti

    mukti New Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
Loading...
Similar Threads - Pertanyaan Konsumen Untuk
  1. BangDen
    Replies:
    17
    Views:
    3,053

Share This Page