4 Cara Meningkatkan Berpikir Kreatif dalam Bisnis

Discussion in 'General Business' started by portalbisnisindonesia, Jan 21, 2022.

  1. portalbisnisindonesia

    portalbisnisindonesia New Member

    Joined:
    May 5, 2021
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Semua orang mengatakan bahwa perusahaan modern – termasuk yang paling populer untuk bekerja – sangat menghargai pemikiran inovatif dan kreativitas. Masalahnya, bagaimana Anda bisa berkreasi tanpa gagal, terlihat bodoh, atau mengulangi apa yang sudah disarankan orang lain ratusan kali?

    Berikut 4 cara meningkatkan kreativitas dalam berpikir yang wajib kamu coba:

    1. Berlatih bermimpi

    Paradoks terbesar adalah bahwa berpikir kreatif tidak selalu merupakan produk dari IQ atau pencerahan melalui pepatah apel yang jatuh di kepala Anda. Ini adalah masalah melatih imajinasi Anda secara teratur, melatih kekuatan pengamatan dan impian Anda, besar atau kecil. Kedengarannya sangat sederhana, namun di era informasi yang berlebihan dan kehidupan perkotaan yang sangat padat ini, elemen penting ini sering hilang dari kehidupan kita sehari-hari.

    Terlalu sering kita tetap fokus pada tugas utama yang ada, mencurahkan kekuatan mental kita untuk tindakan rutin (termasuk Twitter dan SMS – yah, terkadang saya juga bersalah dalam hal ini) sehingga pada akhirnya ide paling kreatif yang bisa kita dapatkan datang dengan hanya untuk akhirnya istirahat di depan TV atau layar komputer. Terdengar akrab?

    Apa pun yang Anda lakukan – baik itu bekerja atau bersantai – berlatihlah menghabiskan waktu dengan menerapkan rumus “tiga jika” pada apa pun yang Anda lihat atau bayangkan. Ini akan membantu Anda membiasakan diri membuat ruang dalam pikiran Anda untuk bermimpi – penting untuk pemikiran kreatif dan inovasi.

    2. Luangkan waktu untuk berpikir kreatif yang kohesif

    Setiap buku teks tentang kreativitas menegaskan pentingnya menyisihkan waktu yang ditentukan dengan jelas untuk pemikiran kreatif dan inovasi. Misalnya, Google meminta timnya untuk mengalokasikan setidaknya 20% waktu mereka untuk berpikir kreatif atau proyek baru. Namun seringkali, bahkan jika kita sudah siap untuk berinovasi, tetap saja ada yang tidak berhasil dan ide-ide segar gagal muncul seperti popcorn. Ada dua alasan untuk kebuntuan ini. Yang pertama adalah kita tidak berlatih bermimpi, dan yang kedua adalah kita tidak berlatih memusatkan perhatian pada ide-ide yang kohesif.

    Oleh karena itu, aturan berpikir kreatif berikutnya sangat sederhana: alokasikan waktu – mungkin satu jam per hari atau per minggu – untuk melatih pemikiran kreatif tentang sesuatu yang spesifik. Seorang kolega memberi tahu saya bahwa ketika dia masih mahasiswa bertahun-tahun yang lalu, dia mulai memikirkan tentang ponsel – seperti apa ponsel itu dalam waktu 10 dan 20 tahun. Sudah di perguruan tinggi, esainya tentang topik ini mendapat banyak pujian, dan setelah kuliah, dia mendapat pekerjaan keren merancang aplikasi untuk ponsel agar lebih pintar dan menarik bagi "milenium".

    3. Belajarlah untuk melontarkan ide-ide Anda (di dalam lift)

    Ada kebenaran sederhana dalam fakta bahwa Steve Jobs dari Apple hebat dalam mengeksplorasi dan menjelaskan inovasi berdasarkan produk yang ada – laptop, ponsel, pemutar musik. Dia tidak menciptakan produk-produk itu, tetapi dia membuatnya lebih baik dan dia hebat dalam menjelaskan mengapa versinya lebih unggul dari barang-barang pesaing lainnya.

    Dalam banyak kesempatan saya mendengar dari murid-murid saya, "Tetapi saya memiliki ide itu terlebih dahulu" atau "Saya baru saja mengusulkan sesuatu seperti itu dan tidak ada yang mendengarkan saya." Dalam situasi ini saya selalu menyoroti intinya – mungkin Anda memang memiliki ide yang bagus, tetapi Anda tidak mengekspresikan diri Anda dengan jelas dan cukup menarik untuk menarik perhatian orang, atau membantu orang lain untuk memahami sifat inovasi atau proyek Anda.

    Ada pepatah lama, "Jika Anda tidak dapat mengungkapkan ide Anda dalam tiga kalimat - Anda tidak punya ide!" Salah satu keterampilan inovasi yang paling penting adalah kemampuan untuk menyajikan deskripsi yang sangat singkat dan jelas tentang ide baru (dua hingga tiga kalimat – seperti berteriak melalui pintu lift yang tertutup) dan membuat presentasi singkat (dua hingga tiga menit – apa yang disebut "nada elevator"). Seperti keterampilan lainnya, kemampuan untuk mengartikulasikan dengan cara ini hanya dapat diperoleh melalui banyak latihan.

    4. Pantulkan ide dari orang lain

    Bahkan seorang inovator hebat membutuhkan orang-orang di sekitarnya untuk mendiskusikan – atau “memantulkan” – ide dan inovasi kreatif baru. Apa kesamaan ide-ide inovatif utama di zaman kita, dari Microsoft (well, ketika masih muda) hingga Google? Semuanya diciptakan oleh tim yang terdiri dari orang-orang yang tinggal bersama untuk menyusun ide, merencanakan proyek inovatif mereka, membawanya ke investor dan publik, dan yang terpenting bersama-sama melakukan brainstorming inovasi tersebut di dalam tim – melontarkan ide, tips bisnis, pertanyaan, dan peningkatan hingga produk disempurnakan untuk menjadi "eureka" multi-miliar dolar berikutnya.

    Oleh karena itu, aset penting terakhir untuk menambah keahlian inovasi Anda adalah kemampuan untuk menjadi pemain tim yang berharga, yang mampu melontarkan ide ke tingkat berikutnya. Bagi sebagian anak muda, ini sangat wajar, sementara bagi yang lain tidak mudah untuk menjadi pemain tim. Tetapi tidak ada kata terlambat untuk melatih diri Anda dalam cara berinteraksi ini.
     
Loading...

Share This Page