4 Pesantren di Jawa Barat yang Bagus dan Murah 2024

Discussion in 'Education' started by kalicindil, Jan 31, 2024.

  1. kalicindil

    kalicindil Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    63
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Pada tahun 2024, banyak orang tua dan calon santri yang berusaha mencari tahu tentang pesantren di Jawa Barat yang bagus dan murah. Pondok pesantren yang ada di Jawa Barat memang sangat banyak, namun penting untuk memilih pondok yang tepat agar tidak menyesal ketika sudah mendaftar.

    Jumlah peminat yang ingin menjadi siswa di pesantren yang ada di Jawa Barat pun tidak hanya berasal dari masyarakat lokal saja, namun ada pula yang berasal dari luar kota. Untuk mengetahui tentang daftar pesantren Jawa Barat yang terbaik, mari simak informasi berikut ini.

    Pesantren di Jawa Barat yang Bagus dan Murah
    4 Pesantren di Jawa Barat yang Bagus dan Murah 2024.jpg


    Mengutip dari berbagai macam sumber, ada banyak pesantren terbaik di Jawa Barat yang menawarkan pendidikan dan fasilitas yang berkualitas tinggi. Berikut adalah daftar 4 pesantren yang bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan ketika ingin memasuki pesantren di Jawa Barat:

    1. Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan

    Pesantren yang pertama adalah pondok pesantren Binaul Ummah yang berlokasi di daerah Kuningan, Jawa Barat. Pondok ini menawarkan sejumlah fasilitas yang sangat lengkap, sehingga kebutuhan sehari-hari para santri pun dapat terpenuhi dengan baik.

    Beberapa fasilitas tersebut meliputi area laundry, kamar santri, ruang kelas, lapangan olahraga yang luas, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Sejak berdiri pertama kali pada tahun 2002 lalu, pondok pesantren ini senantiasa melakukan perkembangan dan perbaikan untuk membuat pendidikan yang ditempuh oleh santri semakin nyaman.

    2. Pondok Pesantren Ummul Quro Bogor

    Selanjutnya, ada pondok pesantren Ummul Quro yang menawarkan pendidikan Islam dengan kualitas terbaik disertai dengan kurikulum yang terintegrasi. Mengutip dari situs dilectae.com, lulusan dari pondok pesantren ini banyak yang telah menjadi seorang tahfidz atau pendakwah.

    Pesantren ini menyediakan program pendidikan dengan jenjang yang sama seperti sekolah umum, yakni Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan juga Madrasah Aliyah (MA). Kurikulum yang diterapkan di pesantren ini adalah kurikulum pesantren modern yang dipadukan dengan kurikulum pesantren tradisional.

    Bagi siswa yang telah mendaftar sebagai santri Pesantren Ummul Quro, maka akan mendapatkan mata pelajaran kunci seperti sejarah Islam, tafsir, hadits, dan lain-lain. Pondok ini berusaha untuk memperluas ilmu para santri dengan mengajarkan mata pelajaran tersebut dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

    3. Pondok Pesantren Darul Muttaqien

    Pondok pesantren terbaik lainnya yang ada di Jawa Barat adalah pondok pesantren Darul Muttaqien. Pondok ini berada di desa Jabon Mekar, dan pertama kali diresmikan pada tahun 1988 dengan nama pendiri yaitu Mohamad Nahar.

    Mohamad Nahar berperan besar dalam terbentuknya pondok pesantren Darul Muttaqien, karena beliau memberikan tanah wakaf dengan luas 1,8 ha untuk pesantren ini. Hingga saat ini, jumlah santri di pondok Darul Muttaqien semakin bertambah, terlebih dengan semakin berkembangnya fasilitas dan kualitas pendidikan yang disediakan oleh pesantren ini.

    Santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini tidak hanya belajar saja, namun juga akan merasa nyaman untuk tinggal di asrama karena pemandangan sekitar yang asri. Dengan begitu, maka santri tidak akan merasa jenuh dengan suasana pesantren karena penataan ruang dan suasana yang damai di sekitar pesantren.

    4. Pondok Pesantren Madinatul Quran

    Pesantren yang terakhir adalah Pondok Pesantren Madinatul Quran, yang didirikan dengan tujuan utama sebagai pondok pesantren yang berorientasi pada Al-Quran. Pondok ini cukup menarik apabila dibandingkan dengan pondok pesantren pada umumnya, karena terdapat mata pelajaran pembekalan agribisnis.

    Dengan begitu, maka santri pun akan memperoleh ilmu yang bermanfaat ketika mereka ingin menjadi seorang wirausaha yang memegang nilai-nilai Islam di kemudian hari. Santri yang lulus dari Pondok Pesantren Madinatul Quran diharapkan tidak hanya berdakwah menyebarkan ilmu agama, namun juga bisa memperoleh pendapatan untuk kehidupan sehari-hari dengan berbisnis.

    Ketika tinggal di pesantren, santri Pondok Pesantren Madinatul Quran akan dibimbing untuk menjadi sosok yang bisa menghafalkan Al-Quran. Selain itu, pondok ini juga menghidupkan sunah rasul untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari cara berpakaian hingga gaya hidup yang lain akan mengikuti saran yang telah diucapkan oleh rasul.

    Demikian informasi tentang pesantren di Jawa Barat yang bagus dan murah sebagai referensi ketika Anda ingin memilih pondok. Usahakan untuk mencari tahu dengan detail tentang biaya pendidikan hingga kurikulum milik pondok yang ingin dipilih, sehingga Anda bisa memilih pondok yang sesuai dengan keinginan hati.
     
Loading...

Share This Page