5 Jenis Karakter Karyawan Dalam Dunia Kerja

Discussion in 'General Discussion' started by seotog, Nov 29, 2018.

  1. seotog

    seotog Guest

    5 Jenis Karakter Karyawan Dalam Dunia Kerja.jpg
    Sobat setia pembaca artikel TOG, Karyawan adalah aset terpenting yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap kesuksesan sebuah perusahaan. Setiap perusahaan atau organisasi pasti selalu bersaing untuk menjadi lebih dominan dan akhirnya dapat memenangkan persaingan tersebut.

    Apakah Anda pernah memperhatikan rekan-rekan kerja Anda di kantor? Apakah ada yang memiliki wajah dan penampilannya biasa-biasa saja tetapi cukup menyenangkan, enak dilihat maupun diajak bicara? Namun jika kita lihat-lihat lebih jauh tidak ada sesuatu yang menonjol pada dirinya, semua terlihat biasa-biasa aja. Tapi herannya walau biasa saja dia tetap keliatan menarik.

    Mengenal kepribadian dari seorang karyawan merupakan cara terbaik untuk menilai kinerjanya. Setiap orang memiliki karakter yang khas sehingga tidak menimbulkan kerancuan dalam pengukuran kepribadian. Banyak data yang mendukung bahwa sebuah karakter dapat memprediksi kinerja seseorang dengan lebih baik daripada metode lainnya, termasuk interview dan test IQ. Kepribadian seharusnya menjadi sebuah faktor penentu yang digunakan ketika ingin membuat keputusan (merekrut atau promosi) mengenai karyawan.

    Ketika mereka ingin mempromosikan seorang karyawan, maka kepribadian merupakan faktor utama yang sangat penting bagi mereka untuk mempertimbangkan apakah karyawan tersebut layak atau tidak untuk dipromosikan.

    Berikut ini merupakan 5 karakter karyawan yang sering ada di dalam dunia kerja:

    1. Delegator

    [​IMG]

    Karyawan yang berada di level bawah mendapatkan kesempatan untuk bekerja dalam sebuah tim, harus ada satu orang yang bertindak sebagai seorang pemimpin. Orang ini harus dapat memberikan feedback yang membangun dan mendelegasikan pekerjaan berdasarkan kelebihan yang ada pada setiap anggota tim.

    2. Decider


    Seseorang yang percaya diri dan dapat membuat keputusan sangat cocok untuk mengisi posisi pemimpin. Kemampuan mereka untuk memilih tujuan dengan cepat dan efektif sangat dibutuhkan pada level strategi.

    3. Adapter

    [​IMG]

    Orang ini dapat belajar dengan cepat dan mereka cenderung dapat menyesuaikan diri mereka terhadap tugas atau lingkungan kerja mereka. Kepandaian dan intuisi mereka dapat membantu ketika mereka harus berada pada posisi atau peran baru.

    4. Ethical Person


    Tidak peduli apapun peranan seorang karyawan, tindakan yang mereka lakukan selalu berdasarkan etika dan integritas. Orang dengan jenis kepribadian ini tidak akan berkompromi terhadap moral mereka atau mengambil keuntungan atas pengorbanan rekan kerja mereka.

    5. The “people” person

    [​IMG]

    Klien, rekan kerja, dan bos suka sekali dengan tipe ini. Mereka merupakan orang yang menyenangkan, dapat bergaul dengan siapa saja dan mereka selalu dapat membuat suasana yang menyenangkan. Orang dengan tipe karakter seperti ini sangat cocok untuk menjadi seorang manajer atau tim leader.

    -

    PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

    -

    Salam Sukses

    [​IMG]
     
Loading...

Share This Page