5 Tips Menulis Teks Iklan Facebook yang Baik

Discussion in 'Online Business' started by Nurardi, Aug 15, 2018.

  1. Nurardi

    Nurardi New Member

    Joined:
    Jul 23, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    5 Tips Menulis Teks Iklan Facebook yang Baik

    [​IMG]

    Salah satu media sosial yang cukup populer sebagai media beriklan adalah Facebook. Media sosial ini banyak diminati bukan hanya karena penggunanya yang banyak tetapi juga karena platformnya yang memungkinkan pengguna leluasa dalam beriklan.

    Facebook sangat bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis online. Kendati demikian, banyak pelaku bisnis yang masih bingung mengenai cara menulis teks iklan Facebook yang baik. Berikut adalah lima tips menulis teks iklan Facebook yang bisa Anda praktikkan sebagaimana dirangkum dari Facebook Business.


    1. Utamakan Informasi Penting
    [​IMG]
    Ingatlah bahwa orang menggulir Facebook dengan cepat. Hal itu membuat mereka cenderung tidak membaca teks iklan yang bertele-tele. Jadi, selalu utamakan informasi penting dalam teks iklan Anda. Akan lebih baik, jika Anda selalu menempatkan informasi penting tersebut di awal teks, sehingga mudah terbaca.

    Selain itu, Anda sebaiknya juga tidak menulis teks iklan yang terlalu panjang. Terlebih, Facebook memiliki batasan karakter untuk iklan. Jika Anda ingin mengajak pengguna Facebook melakukan tindakan tertentu, maka pastikan ajakan tersebut masuk dalam teks iklan Anda.


    2. Perhatikan Nuansa Iklan


    [​IMG]

    Sebelum memulai menulis teks iklan, Anda sebaiknya mempertimbangkan nuansa iklan yang akan Anda buat. Pasalnya, nuansa iklan tersebut merupakan cerminan kepribadian bisnis Anda. Anda misalnya bisa membuat iklan bernuansa lucu, serius, misterius, atau yang lain.

    Dalam hal ini, Anda pada dasarnya boleh memilih nuansa apapun. Hanya saja, Anda mesti konsisten dengan itu. Konsistensi tidak hanya akan membuat iklan Anda semakin efektif, tetapi juga bisnis Anda akan semakin dikenal konsumen.

    Penting, baca ini juga:
    Beriklan di Facebook, Hindari 4 Kesalahan Ini



    3. Jadilah Terbuka
    [​IMG]
    Hal terakhir yang mesti Anda perhatikan dalam menulis teks iklan adalah keterbukaan. Sampaikan segala informasi yang perlu diketahui konsumen dalam iklan Anda. Jangan biarkan konsumen bekerja keras mencari informasi tentang produk dan bisnis Anda.

    Dalam hal ini, Anda misalnya bisa memposisikan diri sebagai konsumen dan melontarkan pertanyaan, “Jika saya belum pernah mendengar bisnis ini sebelumnya, apakah saya paham apa yang bisnis ini kerjakan?”


    4. Fokus pada Konsumen
    [​IMG]
    Beberapa teks iklan terlalu banyak berbicara dari sudut pandang pengiklan ketimbang dari sudut pandang konsumen. Iklan seperti inilah yang mesti Anda hindari. Pasalnya, iklan yang berbicara dari sudut pandang pengiklan kurang mampu menarik perhatian konsumen secara emosional.

    Sebaliknya, jika Anda berbicara dari sudut pandang konsumen, iklan Anda akan lebih efektif. Posisikanlah diri Anda sebagai konsumen, kemudian jawab pertanyaan seperti: “Apa yang membuat saya tertarik dengan produk ini? Mengapa produk ini menarik bagi saya?”


    5. Buat Judul yang Menarik
    [​IMG]
    Judul yang menarik tidak selalu yang sensasional dan membuat pembaca penasaran. Dalam hal menulis teks iklan, Anda sebaiknya membuat judul yang mampu mendorong awareness pembaca pada produk dan bisnis Anda. Ingat, jangan buat judul yang terlalu panjang sehingga sulit dibaca dan diingat.

    Selain itu, buatlah judul yang menukik dan tidak terlalu umum, sehingga mewakili isi tulisan Anda. Pertimbangkan pula judul yang lebih banyak menggunakan sudut pandang konsumen ketimbang sudut pandang Anda.

    Demikian lima tips menulis teks iklan Facebook yang bisa Anda praktikkan. Gunakanlah teks dengan baik dan dengan maksud yang mudah dipahami sehingga iklan Anda akan efektif dan berdampak signifikan pada penjualan produk Anda.

    Sumber: Ohayo
     
Loading...

Share This Page