6 Tips Memilih Digital Marketing Agency Yang Bagus

Discussion in 'Internet Marketing' started by IndriMaya12, Aug 7, 2019.

  1. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Menjelajahi dunia marketing bukanlah tugas yang mudah. Apalagi kalau Anda belum ada pengetahuan sama sekali tentang dunia yang relatif baru ini. Makanya beberapa pengusaha menggunakan jasa digital consultant untuk menangani urusan pemasaran online. Banyaknya kebutuhan akan agensi pemasaran memunculkan agnesi-agensi baru. Namun menemukan digital marketing agency terbaik itu tidak mudah. Jika salah pilih, Anda hanya menghabiskan biaya namun branding Anda tidak semakin baik di dunia online. Biar gak salah pilih, simak tips memilih digital marketing agency ini.

    Memahami kebutuhan dan budget Anda

    Langkah pertama sebelum memilih agency digital marketing adalah memahami kebutuhan Anda sendiri. Semakin Anda mengetahui kebutuhan bisnis Anda di dunia online; situs, search engine optimization (SEO), iklan, sosial media dan desain grafis, maka pembahasan dengan agensi pemasaran semakin mudah.

    Anda juga perlu menentukan budget yang siap Anda keluarkan lantaran tidak ada biaya yang fixed untuk pemasaran ini. Orang pemasaran yang baik harus bisa bekerja dengan budget dan menentukan ekspektasi yang masuk akal. Misalkan sebuah restoran yang baru mulai perlu lebih banyak posting sosial media dan bukan iklan. Sementara bisnis restoran yang sudah establish perlu lebih banyak iklan dibanding posting.

    Mintalah transparansi penuh

    Kurangnya transparansi adalah permasalahan besar yang sering diabaikan. Anda perlu selalu mengecek situs digital agency tersebut. Jika Anda tidak temukan alamat, biografi, daftar klien maka agensi ini tidak layak mendapat perhatian Anda. Semakin banyak informasi yang mereka tutupi, kemungkinan mereka untuk tidak jujur pada Anda juga tinggi. Jangan hanya percaya dengan penawaran murah yang menggiurkan.

    Pentingnya kredibilitas

    Anda perlu memastikan agensi yang Anda temui ini memiliki kredibilitas dan pengalaman. Anda bisa menemukannya lewat testimoni klien di website. Anda bisa minta referensi klien-klien, termasuk yang tidak berjalan dengan baik. Setiap agensi memiliki beberapa proyek yang kurang berjalan dengan baik, namun Anda perlu mengetahui cara mereka menyelesaikan masalah. Dalam mendapatkan referensi, Anda lebih baik menghubungi via telepon dibanding email. Percayalah, informasi yang Anda dapatkan jauh lebih banyak dibanding lewat email.


    Selain referensi, Anda juga perlu mengecek apakah agensi memiliki situs yang baik. Apakah situs muncul di halaman pertama pencarian? Apakah halaman sosial media mereka dipenuhi konten-konten berkualitas? Anda perlu mengetahui semuanya itu.

    Pengalaman di industri bisa disalah artikan

    Bila sebuah agensi berkata dia memiliki pengalaman di industri Anda, tanyalah tantangan dan tindakan bagus apa yang membuat dia berhasil menangani pemasaran online-nya. Kalau dia belum memiliki pengalaman sama sekali, Anda perlu menanyakan bagaimana dia akan mempelajari industri baru ini.

    Banyak sekali agensi-agensi memberikan potongan-potongan ide pemasaran dari proyek digital marketing yang pernah dikerjakan. Dan mereka berencana menggunakannya untuk bisnis Anda. Tidak masalah, karena Anda bisa mendapatkan perspektif dan pendekatan yang baru untuk membuka strategi pemasaran yang sudah tidak efektif. Seorang marketing yang baik harus dapat evaluasi industri klien, keberadaan brand klien di online, persaingan yang dihadapi lengkap dengan strategi yang efektif.

    Perhatikan penjelasan tentang klien, agensi dan sisi teknikal

    Banyak agensi yang menjelaskan tentang sisi klien dan sisi agensi dalam menjelaskan proyek-proyek mereka. Namun jarang sekali mereka membahas tentang sisi teknikal yang sebenarnya sangat penting.


    Dalam membuat strategi marketing online, agensi harus memahami pengembangan teknologi website. Website adalah salah satu bagian terpenting yang perlu dibangun dan di-hosting dengan benar. Jadi ketika seorang account manager datang dan menjelaskan tantangan yang pernah mereka hadapi, perhatikanlah. Jika dia membahas dari 3 sisi; klien, agensi dan teknikal maka mereka memahami dunia digital marketing dengan baik. Selain itu mereka juga harus memiliki pikiran yang inovatif dalam mengatasi isu-isu operasional yang terjadi dalam proyek.

    Nyaman bekerjasama

    Setelah Anda mengurangi kandidat-kandidat agensi yang telah mengirimkan proposal, hal berikutnya yang perlu Anda pikirkan adalah hubungan yang terjalin. Pemasaran haruslah semua bisnis yang menyenangkan bagi pengusaha yang berkutat dengan kegiatan operasional sehari-hari. Jadi carilah agensi yang cocok dengan kepribadian Anda, siap sedia untuk memulai proyek dan juga asyik diajak bekerja sama.


    Itu tadi beberapa kriteria digital marketing agency terbaik untuk pengembangan pemasaran online Anda.
     
Loading...

Share This Page