Analisis SWOT, Pengertian, Manfaat dan Contohnya Pada Bisnis Baru

Discussion in 'General Business' started by NDNU, Dec 18, 2020.

  1. NDNU

    NDNU Member

    Joined:
    Jul 15, 2019
    Messages:
    34
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Sumber: Analisis SWOT, Pengertian, Manfaat dan Contohnya

    Dalam membuat sebuah usaha, Anda harus membuat sebuah perencanaan yang matang dengan metode analisis SWOT. SWOT merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman).

    Analisis ini membantu Anda dalam membuat strategi bisnis yang efektif, sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik. Dalam pembahasan kali ini, Paper.id akan membahas lebih dalam seputar pengertian analisis SWOT, manfaat serta contohnya.

    Pengertian analisis SWOT
    Pertama, kita akan membahas mengenai pengertian dari SWOT. Istilah ini dibuat oleh Albert Humphrey, seorang pimpinan proyek dari Universitas Stanford. Analisis ini didasari oleh anggapan bahwa strategi yang efektif dibuat dari faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (kesempatan dan ancaman).

    Faktor internal berkaitan dengan hal-hal yang ada dalam sebuah perusahaan. Pengusaha perlu menjabarkan keunggulan serta kelemahan yang ada, contohnya adalah tim Anda, properti intelektual, paten dan lokasi kantor.

    Faktor eksternal memperhitungkan peluang dan ancaman yang dapat mempengaruhi perkembangan usaha Anda. Hal ini berkaitan dengan pesaing, tren yang sedang terjadi, harga bahan baku dan faktor lainnya yang berasal dari luar.

    Dengan membuat analisis ini, Anda akan diajak untuk melihat bisnis Anda secara keseluruhan. Anda mungkin menganggap kalau Anda sudah paham, karena Anda adalah pemilik perusahaan. Namun, SWOT perlu dilakukan untuk melihat setiap jengkal yang ada agar setiap langkah yang dilakukan dapat berjalan dengan efisien dan tepat. Analisa ini berlaku bagi setiap jenis perusahaan mulai dari food and beverage, jasa, jual-beli, hingga lainnya.

    Bagaimana melakukan analisis yang benar?
    Sekarang, Anda sudah memahami pengertian dari SWOT itu sendiri. Kini, waktunya beralih ke cara untuk melakukan analisis SWOT dengan benar. Analisis ini tidak dapat dilakukan seorang diri. Seorang pemimpin perusahaan perlu melakukannya dengan beberapa orang yang mewakili berbagai aspek di perusahaan mulai dari keuangan, pemasaran, produk, dan lainnya.

    Lain halnya dengan pengusaha UMKM, analisis ini bisa dilakukan dengan menanyakan kepada beberapa orang yang ahli dalam bidangnya seperti ahli finansial, akuntan, atau lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan insight yang berguna dalam membuat sebuah perencanaan bisnis yang matang.

    Sumber: Analisis SWOT, Pengertian, Manfaat dan Contohnya

    Untuk memudahkan Anda dalam membuat analisa, Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan dibawah ini:

    Strength
    • Apa yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis yang lain?
    • Apa keunggulan dari bisnis Anda?
    • Apa yang akan dilihat konsumen dari produk yang Anda jual?
    Weakness
    • Apa yang membuat competitor lebih unggul dari Anda?
    • Apa saja kelebihan competitor yang tidak sesuai dengan bisnis Anda?
    • Apa keunikan dari bisnis Anda yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan?
    Opportunity
    • Kesempatan apa yang ada dan bisa dilakukan untuk saat ini?
    • Apakah perusahaan Anda sesuai dengan perkembangan bisnis saat ini? Jika iya, maka bagus. Jika tidak, Anda perlu meningkatkan brand awareness atau improvisasi agar brand Anda bisa menjadi trendsetter.
    Threat
    • Apa saja hambatan yang kemungkinan akan memperlambat bisnis Anda?
    • Apakah ada aturan pemerintah yang menghambat bisnis Anda?
    Pertanyaan-pertanyaan diatas dapat membantu Anda dalam membuat sebuah rancangan analisis SWOT yang tepat. Pembuatan rancangan ini memakan waktu lama, mengingat hal ini berhubungan dengan dasar dari bisnis. Setelah itu, Anda bisa fokus dalam membuat business plan yang memuat tentang visi dan misi usaha Anda, produk yang akan dijual serta proses produksi dari produk yang dimiliki.

    Contoh yang perlu Anda ketahui
    Agar lebih mudah dipahami, berikut contoh analisis SWOT dari Netflix. Berdiri pada tahun 1997, penyedia layanan media streaming digital tersebut telah mendunia dan digemari oleh banyak orang. Di awal, Netflix membuat rancangan analisis yang membantu mereka dalam memahami keunggulan serta kelemahan yang perlu diwaspadai.
    Strength
    • Menjadi pemimpin dalam barisan layanan penyedia media streaming
    • Menyediakan tayangan dalam bentuk documenter, serial, dan film
    • Tidak ada iklan
    Weakness
    • Biaya hak tayang yang tinggi
    • Tidak semua tayangan menarik
    • Peluang inovasi yang terbatas
    Opportunity
    • Cara baru dalam menikmati hiburan
    • Penonton bisa memilih Bahasa dalam subtitle, audio, atau kualitas gambar
    • Kerjasama dengan lebih dari 180 negara untuk memperlebar layanan mereka
    Threat
    • Euforia layanan streaming yang mendorong munculnya penyedia layanan yang baru dan dapat mengancam eksistensi Netflix
    • Penyedia layanan streaming skala besar seperti Disney+, HBO, dan Amazon berpeluang untuk menghambat langkah Netflix.

    Dalam analisis SWOT yang telah dibuat, Netflix dapat mengetahui keunggulan serta kelemahan mereka yang bisa diatasi dengan solusi-solusi yang tepat. Contoh diatas dapat menjadi pedoman bagi Anda dalam membuat analisis yang padat.

    Manfaat dalam membuat analisis SWOT
    Analisis SWOT mungkin terkesan remeh, tapi hal ini penting untuk dilakukan karena ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan sebagai berikut:
    • Beradaptasi dengan teknologi dan zaman
    Perubahan zaman dan teknologi yang semakin cepat menuntut setiap bisnis agar dapat beradaptasi dengan cepat dan cerdik. Karena itu, analisa ini dapat membantu pelaku usaha dalam melihat masalah-masalah yang ada serta memikirkan solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.
    • Mengatasi masalah internal perusahaan
    Setiap perusahaan pasti memiliki masalah internal. Hasil dari analisa ini dapat membantu perusahaan dalam menemukan masalah yang ada dan segera menyelesaikannya sebelum berlarut-larut.
    • Memperluas jaringan dan membangun relasi bisnis
    Setiap perusahaan perlu membangun relasi bisnis yang kuat dengan perusahaan lainnya yang memiliki visi dan misi yang sama. Tingkatan ini menjadi tingkatan lanjutan yang perlu dilakukan agar memperkuat langkah mereka dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Untuk itu, analisis SWOT perlu dilakukan untuk membantu perusahaan dalam melihat peluang kerjasama dengan pihak lain.
    • Menghindari kerugian
    Keuntungan tidak selalu menjadi target utama yang harus diperhatikan oleh seorang pelaku usaha. Hambatan-hambatan yang dapat menghambat laju perusahaan juga harus diperhatikan. Analisa SWOT membantu pelaku usaha dalam mencermati kelemahan dan ancaman agar dapat merumuskan strategi yang relevan dengan keadaan perusahaan.
    • Membuat inovasi dan mengembangkan perusahaan
    Setiap tahunnya, akan muncul pesaing baru atau inovasi baru yang dilakukan oleh competitor untuk memenangkan pasar. Karena itu, riset eksternal perlu dilakukan dalam melihat tren yang sedang berlangsung serta membuat inovasi baru agar tidak ketinggalan zaman.
    • Analisa keuangan perusahaan
    Keuangan menjadi sektor krusial yang menentukan kondisi perusahaan. Kondisi keuangan yang stabil berpengaruh terhadap jalannya kegiatan operasional serta membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi. Karena itu, perlu adanya pemeriksaan kondisi keuangan secara berkala.

    Sumber: Analisis SWOT, Pengertian, Manfaat dan Contohnya
     
Loading...

Share This Page