Apa Perbedaan SEO dan SEM yang Perlu Kalian Tahu?

Discussion in 'Education' started by Alvi Iqbal Budiarsya, Oct 4, 2021.

  1. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    444
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kali ini, Team Akizaku SEO akan membahas mengenai tentang perbedaan SEO dan SEM yang perlu kalian tahu selama ini.

    Perbedaan Jurusan SEO dan SEM
    Manfaat
    Jurusan SEO adalah mereka menciptakan trafik yang positif dan berkualitas tinggi.

    Menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) akan membuat tempat website Anda teroptimasi dengan baik, sehingga akan lebih mudah dicari atau ditemukan oleh mesin pencarian seperti google.

    Sedangkan SEM (Search Engine Marketing), dia menggunakan metode, yaitu iklan berbayar yang sangat menguntungkan untuk menarik konsumen baru.

    Karena SEM memastikan website Anda tampil di tempat yang tepat.

    Selain itu, SEM juga bekerja cepat dengan cara mentarget pengunjung yang sudah tertarik dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

    Khasiat dari Jurusan Search Engine Optimization (SEO)
    Manfaat yang akan Anda peroleh dari memilih SEO yang baik, di antaranya sebagai berikut ini:

    • Menciptakan traffic atau lalu lintas yang berkualitas tinggi dari mesin pencari,
    • Menambah rekam jejak digital yang positif bagi calon konsumen,
    • Lebih mudah mencarinya di internet melalui mesin pencari,
    • Mengasah personal branding atau company branding,
    • Menyimpan calon data konsumen dengan baik, mulai dari usia, lokasi, kebiasaan, kesukaan, perangkat yang digunakan dan lain sebagainya.
    Dampak Positif dari Search Engine Marketing (SEM)
    Sementara itu, jurusan SEM juga memiliki manfaatnya tersendiri seperti di bawah ini:

    • Penggunaannya yang mudah untuk dikontrol,
    • Bisa menyesuaikan dengan biaya dan jangka waktu yang ditentukan,
    • Pencapaian target yang lebih mudah,
    • Mendongkrak pengunjung dan popularitas menjadi lebih cepat,
    • Kita sebagai pengontrolan juga dapat melakukan pemilihan jenis iklan dan keyword yang sesuai kebutuhan,
    Anggaran
    Beda SEO dan SEM yang lainnya adalah dalam segi anggaran yang dibutuhkan.

    SEM yang berupa iklan berbayar.

    Tentu, hal tersebut membutuhkan anggaran yang sudah ditentukan sesuai dengan jangka waktu yang Anda inginkan.

    Otomatis untuk penggunaannya, Anda harus menyiapkan anggaran yang tidak sedikit.

    Sedangkan jurusan SEO bisa kita gunakan tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun, tapi butuh usaha banting tulang cuy.

    Sederhananya, adalah SEO itu metode pemasaran tanpa mengeluarkan biaya, tapi berkeringat dan sedangkan SEM itu teknik pemasaran yang menggelontorkan biaya yang tak sedikit tiap bulan (boncos, boy).

    Jangka Waktu
    Berbeda dengan SEM, SEO akan memberikan dampak optimasi yang cukup lama hingga 1 abad.

    Sedangkan si SEM hanya akan bertahan sesuai jangka waktu yang ditentukan dengan budget.

    Dengan bahasa yang lebih sederhana, durasi iklan hanya bertahan sesuai dengan jumlah biaya yang Anda bayar.

    Sedangkan jurusan SEO akan bertahan untuk waktu yang cukup lama sesuai dengan perkembangan dan kondisi dari mesin pencari.

    Kecepatan
    Jika dilihat dari prosesnya, baik menggunakan SEO dan SEM, tidak langsung muncul di halaman pertama pencarian.

    Namun jika dibandingkan dengan SEO, kecepatan hasil yang diberikan SEM bisa dirasakan lebih cepat.

    SEM juga bisa dimatikan kalau ternyata target yang dituju belum didapat, kemudian diaktifkan kembali setelah Anda menentukan ulang target audiens.

    Target Calon Konsumen
    Di bagian ini, Anda sudah bisa mengetahui beda SEO dan SEM.

    Dengan SEM, Anda bisa memilih target audiens yang diinginkan, mulai dari kategori umur, jenis kelamin, wilayah dan lainnya dengan lebih baik dibandingkan dengan SEO.

    Selain itu, target audiens yang digunakan dalam SEM jauh lebih terukur dan bisa dilakukan pada saat awal melakukan pengaturan pada iklan.

    Sedangkan dalam penerapan SEO, Anda tidak serta merta bisa melakukan target audiens.

    Anda perlu menaikkan konten terlebih dahulu di website, baru bisa menganalisis apakah konten tersebut sesuai dengan target yang ditetapkan.

    Jika tidak, maka Anda perlu melakukan optimasi berkali-kali lagi.

    Referensi:
    • Redcomm Indonesia. Beda SEO dan SEM. Redcomm Indonesia. Published September 19, 2020. Accessed October 4, 2021. redcomm.co.id/knowledges/memahami-beda-seo-dan-sem
    • SEM vs SEO, Ketahui Apa Saja Perbedaan dan Manfaatnya. Jurnal. Published 2020. Accessed October 4, 2021. jurnal.id/id/blog/sem-vs-seo/
    • Get More Customers With Easy Online Advertising | Google Ads. Google.com. Published 2021. Accessed October 4, 2021. ads.google.com/intl/en_ID/home/
    • https://www.facebook.com/alfi.qball. Apa Perbedaan SEO dan SEM yang Perlu Kalian Tahu? - Akizaku SEO. Akizaku SEO. Published October 4, 2021. Accessed October 4, 2021. https://akizakuseo.xyz/perbedaan-seo-dan-sem/
     
Loading...

Share This Page