Apa yang salah dengan e-commerce terbaru MatahariMall.com?

Discussion in 'E-Commerce' started by Gadiskardus, Sep 16, 2015.

  1. Gadiskardus

    Gadiskardus Member

    Joined:
    Aug 27, 2015
    Messages:
    37
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Saat membuka akun e-mail, atau berbagai akun sosial media, mungkin Anda akan melihat AdSense dari MatahariMall.com yang bertebaran. Matahari Mall? Pastinya sudah tidak asing terdengar di telinga Anda bukan? Karena Matahari merupakan salah satu penjual retail terbesar di Indonesia. Bulan ini, mereka resmi ingin menjadikan MatahariMall.com sebagai online shop nomor satu dan terbesar di Indonesia.

    Tak tanggung-tanggung, setelah melakukan Grand Launching pekan lalu, onlineshop yang masih berada di tahap beta ini, melakukan kampanye yang besar-besaran. Bertajuk ” Super September Diskon Hingga 99%”. Mata siapa yang tidak akan terbelalak saat melihat DISKON (hingga) 99 PERSEN?

    Terbukti, sebagian orang telah merasakan super diskon dari Matahari Mall.com, lihat saja akunnya di twitter @mataharimall.com, onlineshop yang dimiliki Lippo Grup ini mendapatkan berbagai testimoni, dan followers yang cukup banyak 13.900 orang meskipun mereka masih pemain baru di dunia marketplace Indonesia.

    [​IMG] [​IMG]

    Orang-Orang Besar di Belakang MatahariMall.com

    Tak heran jika MatahariMall.com ini akan menjadi perhatian masyarakat Indonesia, apalagi CEO MatahariMall.com merupakan seorang yang sudah profesional di dunia e-commerce. Seperti dilansir dari DailySocial, Hadi Wenas, seorang pendiri Zalora Indonesia didapuk menjadi CEO MatahariMall.com. Jajaran Direksinya pun menjadikan Emirsyah Satar (mantan CEO Garuda Indonesia) selaku Dewan Direksi MatahariMall.com. Hingga mantan Country Manager Google Indonesia, yang sekarang menjabat Managing Director Lippo Digital Ventures, Rudy Ramawy akan dijadikan Vice Chaiman. Inilah, salah satu alasan yang membuat para investor rela menggelontorkan dananya seperti bank besar mutinasional, Credit Suisse dan Bank of America Merril Lynch dengan total pendanaan babak pertama sebesar US$2OO juta, untuk menjadikan MatahariMall.com sebagai Alibaba nya Indonesia, berdasarkan data dari Viva.

    Tetapi, apakah orang-orang yang hebat dibelakangnya mampu membuat MatahariMall.com memberikan pelayanan yang terbaik kepada customernya?

    Apabila dilihat dari akun sosial media seperti twitter, sebagian orang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun, sebelum MatahariMall.com melakukan Grand Launching, pelayanan dari MatahariMall tenyata, dianggap kurang memuaskan oleh salah satu blogger gadget Indonesia, ia yang memesan Modem Smartfren Andromax 4G M2P, seharga Rp 449 ribu. Harus rela menunggu selama sepekan untuk mendapatkan konfirmasi pengiriman barang dari seller MatahariMall.com, yang akhirnya barang tersebut ternyata kosong.

    Alih-alih mendapatkan voucher gratis 50 ribu, seperti janji dari CS MatahariMall.com, sebagai imbalan kekecewaan, ia bahkan tidak menerimanya. Tidak hanya itu, voucher seharga Rp 100 ribu yang ia miliki untuk membeli barang harus hangus, karena dianggap membatalkan pesanan. Faktanya dari pihak seller lah yang mengatakan barangnya tidak ada. Untungnya, refund uang dari pembelian benar adanya.

    “Bisa dikatakan dari dua kali pengalaman saya bertransaksi di MatahariMall.com, masih jauh dari rasa puas akan fitur serta kecepatan layanan yang diberikan. Daya tarik utamanya saat ini masih di banyaknya voucher diskon yang diberikan. Saya biasanya beli online karena kesibukan, dan kebanyakan penjual online sanggup koq mengirim barang pada hari yang sama sehingga keesokan hari barang tersebut sudah saya terima. Soalnya, kalau saya tidak butuh cepat sih bisa menunggu datangnya akhir pekan untuk berbelanja ke toko offline. Saya pun mengerti, kecepatan respon dan pelayanan sangat tergantung masing-masing seller. Namun saat terjadi masalah pada transaksi, pintu pengaduan ada di pihak penyelenggara e-Commerce yang seharusnya satu suara dan dapat memberikan solusi selain jawaban template semata. Saya hanya butuh informasi bahwa pihak MatahariMall.com sudah mencoba mengontak seller dan mem-push untuk segera memproses pesanan, tidak lebih koq.” keluhnya dalam blog.

    Tidak hanya itu, Netizen pun merasakan jengah. Seperti dilansir dari RancahPost, Netizen melontarkan komentar negatifnya melalui akun sosial media twitter dan pada halaman situs Facebook resmi MatahariMall.com tersebut. Kebanyakan Netizen mengeluhkan kapasitas server yang tidak memadai dan mengakibatkan error. Apalagi saat diskon gila-gila an yang diberikan, sejak MatahariMall.com menawarkan handset Apple iPhone 6 hanya dengan harga Rp 100 ribuan, dan mouse HP seharga Rp 10 ribu.
    [​IMG]
    Lain halnya pengalaman blogger yang berasal dari Ambon, ia merasakan pelayanan yang diberikan MatahariMall.com memuaskan, ia yang memesan sebuah meja laptop seharga Rp 165 ribu, dan setelah diskon hanya menjadi Rp 99 ribu. Langsung mendapatkan pesanannya hanya dalam waktu dua hari, padahal menurut informasi customer service, pembelian yang berada di luar Jabodetabek akan memakan waktu selama 7-14 hari pengiriman. Ia pun tidak dikenakan ongkos pengiriman barang.

    “Ternyata diluar dugaan, benar-benar cepat selain itu Matahari Mall menawarkan barang dengan harga terjangkau disbanding situs jual beli lainnya, yang paling menarik adalah ongkos kirimnya seharga 226.000 melalui JNE tidak dikenakan biaya alias gratis karena biayanya ditanggung oleh Matahari Mall”, ungkapnya.

    MatahariMall.com Miliki Metode Pembayaran Terbaru

    Berbeda dengan e-commerce lainnya selain metode pembayaran transfer bank, kartu kredit, dan juga COD yang dapat dilakukan di berbagai kota tertentu. MatahariMall.com menyediakan metode pembayaran O2O (Online-to-offline). O2O merupakan metode pembayaran dimana customer dapat melakukan pembelian secara online, namun dapat membayar dan mengambil barang di Matahari Department Store pilihan.
    Bagaimana menurut Anda, apakah MatahariMall.com mampu menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia, dan menjadi Alibaba versi Indonesia?
    Jika MatahariMall.com ingin menjadi Alibaba versi Indonesia, tidak ada salanya jika MatahariMall.com terus melakukan evaluasi terhadap sistem kerja dan memiliki server website yang memadai, dan tanggap dalam menanggapi komentar baik atau positif dari Netizen dan juga customer, agar citra dari MatahariMall.com tetap terpercaya sebagai e-commerce di Indonesia. Dan terus menambah metode pembayaran yang ada untuk memudahkan customer.

    Selamat datang di dunia e-commerce Indonesia, MatahariMall.com
     
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,653
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    yang salah kenapa baru sekarang munculnya :D
    masih mending jika dibanding dengan web revolusimental yang hingga sekarang masih tidak bisa diakses.
     
  3. Gadiskardus

    Gadiskardus Member

    Joined:
    Aug 27, 2015
    Messages:
    37
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    wkwk iya mas, web yang katanya menghabiskan hingga miliaran rupiah, namun hasilnya nihil :D
     
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,653
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    nihil sih gak, terlihat kok hasilnya entah + atau -
     
  5. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ane cek CMS nya mereka pakai drupalcommerce. tenanga seo nya masih kurang, cuma memakai media promosi saja :D
    salut sama ni website
     
  6. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Matahari mall memang punya ambisi besar biar jadi onshop nomor wahid.... Blog saya kemarin ada job review dari matahari mall...hihihi
     
  7. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mudah2an harga cpc nya lumayan soalnya semua kw dilibas sama nih sama matahari mall
     
  8. upakarti

    upakarti Member

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    92
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Kalau dilihat dari infrastruktur bisnis dan jaringannya yang sudah tersebar di Indonesia, ane yakin klo raksasa ritel yang baru terbangun dari tidur dalam bisnis eCommerce ini akan bertahan dan maju, kalaupun ada kesalahan2 teknis ataupun lainnya dan langsung diatasi segera akan semakin menjadi lebih kuat. Kecuali raksasa2 yg lain pasti akan segera menyusul tak mau ketinggalan start akan menambah persaingan.
     
  9. Kang Yuli

    Kang Yuli New Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
  10. localhost

    localhost Member

    Joined:
    Sep 14, 2015
    Messages:
    108
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    hayuu ramaikan e-commerce di indonesia...
     
  11. doni judian

    doni judian New Member

    Joined:
    Jul 9, 2015
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  12. Kang Yuli

    Kang Yuli New Member

    Joined:
    Sep 9, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
  13. iswandi

    iswandi Member

    Joined:
    Aug 23, 2014
    Messages:
    91
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    kenapa yang rame diributin cuma barang2 elektronik yang rata2 hasil imporan ?
     
  14. Byens

    Byens Member

    Joined:
    May 25, 2014
    Messages:
    222
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    modalnya tebel yah dari group lippo yah ini, apa bisa bersaing dengan lazada
     
  15. Sayyid M Husein

    Sayyid M Husein Member

    Joined:
    Jan 11, 2015
    Messages:
    64
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Modal kuat, sdm mumpuni. Jika ditunjang operator lapangan yang handal kemungkinan bisa maju. Tapi yang kita wait n see aja deh gimana kelanjutanya... brow
     
  16. siprof

    siprof Member

    Joined:
    Dec 4, 2015
    Messages:
    108
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    artikelnya bagus, ini cocoknya masuk kompasiana biar bisa di voting aktual :D
    anyway, mari kita lihat bagaimana kiprah mataharimall di indonesia
     
  17. doni judian

    doni judian New Member

    Joined:
    Jul 9, 2015
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  18. irfanimovick

    irfanimovick Member

    Joined:
    Dec 29, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    gilelu ndrooo
    beneran nih ?
     
  19. irfanimovick

    irfanimovick Member

    Joined:
    Dec 29, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kalo afiliasi umroh ada nih umrohasyik.com/peluang/ gratis daftar
    :)
     
  20. ygjpn739

    ygjpn739 Member

    Joined:
    Oct 18, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    mantaaapp :D

    Saya suka banget lihat websitenya bro
     
Loading...

Share This Page