Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by agifa gumelar, May 20, 2015.

  1. agifa gumelar

    agifa gumelar Member

    Joined:
    May 14, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Jika website/blog anda ingin nangkring di halaman pertama pencarian google dan kemudian mendapatkan pengunjung yang banyak maka anda membutuhkan Backlink berkualitas.

    Backlink merupakan faktor utama dari SEO, maka dari itu ini sangat mempengaruhi rangking website/blog anda di mesin pencari.

    Berikut saya membagikan cara mendapatkan backlink berkulitas, baca sampai selesai gan.

    1. Buat konten yang berkualitas
    jika konten blog anda berkualitas, bermanfaat dan menarik, maka pembaca akan tertarik untuk merekomendasikan konten anda kepada orang lain ataupun pada blog sendirinya.

    Oleh karena itu buatlah konten yang berkualitas untuk mendapatkan backlink yang berkualitas pula. Karena hal yang mustahil seorang pembaca merekomendasikan artikel ke orang lain jika konten anda tidak berkualitas.

    2. Minta Kepada Pemilik Website Lain
    Bukan maksudnya saya minta secara langsung kepada pemilik website, melainkan anda harus menjalin hubungan yang baik terlebih dahulu, Jika anda sudah memiliki hubungan yang baik dengan pemilik website lain, maka bukan hal yang tidak mungkin jika pemilik website tersebut merekomendasikan Konten pada blog anda.

    3. Memanfaatkan Website Direktori
    Website direktori bisa berakibat negatif.

    Oleh karena itu hindari website direktori dengan ciri-ciri :
    Direktori yang jelek topiknya terlalu beragam, tanpa filter/seleksi, tidak ada aktivitas pengunjung, dan sebagian besar website yang terdaftar disana juga tidak jelas kualitasnya.

    Sebaliknya, direktori yang bagus adalah direktori yang dimoderasi dengan ketat supaya website yang terdaftar disana juga berkualitas dan memiliki topik-topik yang tepat.. Jika anda menemukan website direktori seperti ini maka daftarkan blog anda.

    Sekian semoga bermanfaat dan membantu
     
  2. ZULFIANTO

    ZULFIANTO New Member

    Joined:
    May 20, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    terimakasih sudah membagikan info nya, semoga bisa bermanfaat untuk saya...
     
  3. agifa gumelar

    agifa gumelar Member

    Joined:
    May 14, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    oke sama sama mas :D
     
  4. galeri baju trendy

    galeri baju trendy Member

    Joined:
    Apr 30, 2015
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    mari saling berbagi ilmu mengenai blog mas,. saling bekerjasama :)

    oh iya mas, boleh tanya? alamat website direktori yang bagus itu mana saja?
     
  5. agifa gumelar

    agifa gumelar Member

    Joined:
    May 14, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    banyak mas, salah satunya direktoriweblog,com
     
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,249
    Likes Received:
    2,715
    Trophy Points:
    413
    DMoz dan Yahoo :D
     
    agifa gumelar likes this.
  7. Alita

    Alita New Member

    Joined:
    May 22, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Tambahan aja nih, Cara mendapatkan backlink berkualitas selain ke-3 faktor
    tersebut :

    1. melalui social media / social signal

    Untuk mendapatkan backlink melalui social media ini sangat mudah dan sangat ampuh untuk bisa kita jalani, caranya yaitu dengan kita membuat konten yang menarik bagi para pengguna internet, dan setelah itu kita posting atau share konten yang telah kita buat melalui social media entah itu melalui G+, Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, Line dan social media yang lainnya.'
    Nah bagaimana untuk bisa mendapatkan backlink nya? apakah hanya dengan memposting saja?

    Tidak,

    Untuk bisa mendapatkan backlink maka pengguna internet atau pembaca konten yang tleah kita publish melalui social media, harus melalukuank aktifitas LIKE, SHARE, RE-TWEET, PINT IT, VOTE, LOVE, dan semacamnya, nah dengan cara tersebut maka kita akan bisa mendapatkan backlink secara mudah dan juga berkualitas tentunya.

    Social Media mana yang paling ampuh untuk kita jalani ?

    1. G+
    menurut analisa saya dan juga hasil seminar yang saya ikut, bahwa G+ mendapatkan urutan nomor 1, karena mungkin G+ adalah satu satu produk dari google sehingga diberikan keefektifitasan yang sangat lebih sekitar 40% kita akan bisa mendapatkan backlink nya. Dengan catatan hasil posting kita di share oleh follower kita.

    2. Facebook
    Facebook mendapatkan urutan kedua setelah G+, karena pengguna facebook begitu banyak saat ini dan facebook sangatlah efektif untuk bisa melakuakn SHARE, maupun LIKE. SHARE dan LIKE mana yang lebih besar persentase backlinknya? jawabannya adalah SHARE.

    3. PINTEREST
    Ternyata pinterest mendapatkan urutan ke-3, mengapa demikian? walaupun pinterest tidak sebanyak facebook dan twitter pengguna nya, namun pinterest adalah social media yang paling efektif untuk melakuakn backlink, dengan cukup membuat board dan kita melakukakn PIN gambar dan setelah itu memilih-milih gambar sesuai dengan board yang telah kita buat, dan para friends kita akan bisa tertarik dengan gambar yang telah kita lakukan PIN dan friends kita harus melakukan PIN juga hingga kita bisa mendapatkan backlink dari pinterest ini. Pinterest sangat cocok bagi para pelaku bisnis toko online.

    4. Twitter
    Sudah jelas bahwa peringkat ke-4 akan diduduki oleh Twitter, twitter hanya bisa membuat postingan less than 140 characters saja, namun strategi yang saya berikan adalah dengan cara membuat Judul postingan nya saja, dan pastikan judul postingan tersebut bisa menarik para followers kita, dan setelah menyisipkan judul maka silakan sisipkan link untuk mengarah ke lebih selengkapnya jika link terlalu panjang, maka bisa menggunakan pengurangan karakter link dengan menggunakan tinyurl.com atau bit.ly

    Nah selebihnya presentase social media lainnya sama saja entah itu instagram, Line dan lainnya.
    Namun kami memprediksi bahwa instagram nantinya akan mendapatkan prioritas utama, entah itu
    menggeser pinteres atau lainnya.

    2. Social Bookmark
    Untuk yang satu ini kita sudah disediakan beberapa social bookmark untuk mempromosikan website kita, sebagai pengetahuan saja sebagian besar blogger dari luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.


    3. Forum
    Ini salah satu media yang bisa kita gunakan dalam promosi website kita. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih.


    4. Artikel Directory
    Artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita itu sangat efektif untuk mendapatkan visitor.

    Segitu dulu ya tambahannya, semoga bermanfaat bagi semuanya [​IMG][​IMG]
     
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,249
    Likes Received:
    2,715
    Trophy Points:
    413
    @Alita ini tanggapan saya, mohon koreksi jika salah.
    Mulai 2011 setiap artikel yang ada di blog saya selalu di share ke twitter dan facebook. Mungkin sudah puluhan atau ratusan artikel yang ada, namun apa yang tampak di GWT (sekarang search console) untuk tautan situs (backlink)? Cuma 1 backlink dari profil. Artinya semua artikel yang sy share tidak mendapatkan backlink dari facebook maupun twitter. Meskipun tidak separah fb dan twitter, G+ lebih mendingan ada beberapa yang masuk. Mungkin visitor atau popularitas blog yang akan diperoleh, bukan backlink. Bandingkan dengan bersosial.com, backlink terus bertambah minimal sebanyak thread yang saya buat.

    Untuk forum, artikel direktori maupun sosbook. Kita harus jeli dalam memilihnya jika ingin mendapatkan backlink berkualitas. Kalau sekedar dapat backlink, dari forum parno atau hacking bisa didapat. Maukah kita dapat backlink dari forum tersebut? Juga artikel direktori dan sosobook yang telah kena dampak algoritma atau telah ditandai situs spam oleh google. Silahkan cari backlink jika mau, saya nggak :D

    Ulasan @agifa gumelar cukup masuk akal, namun sangat sulit dan butuh waktu untuk memperolehnya karena ada tipikal beberapa blogger yang kurang menghargai karya orang lain. Maka saya menyiasati dengan salah satu contoh Cara saya mendapat backlink natural (alami)

    Ini sekedar diskusi loh, nggak ada maksud lain. Ulasan @Alita oke, kok *bagus*
     
    Last edited: May 23, 2015
    agifa gumelar likes this.
  9. Alita

    Alita New Member

    Joined:
    May 22, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    @KangAndre Terima kasih atas tanggapannya kang andre memang yang saya sukai ketika membahas suatu topik adalah ada tanggapan dari setiap member di forum ini, nah memang benar untuk memilih forum dan sosbook kita harus memerhatikan forum dan sosbook itu sendri, intinya sih jangan mengharpkan backlink, karena backlink akan datang dengan sendirinya jika artikel yang kita miliki berkualitas, dengan kita memiliki artikel berkualitas maka tentunya kita akan bisa mendapatkan backlink secara alami dan natural. So saya pun menyarankan untuk tidak terlalu fokus pada backlink terfokus lah pada artikel yang kita miliki, jika artikel yang kita miliki bagus dan enak di baca oleh pembaca, maka insya allah pembaca pun akan merekomendasikan artikel yang kta miliki entah itu merekan share melalaui social media, melalui website nya atau melalui media lainnya.

    Nah berikut adalah gambar dari presentase pendapatan traffic website yang kita miliki, mohon di koreksi lagi ya :D sumber nya dari searchmetrics

    traffic.jpg

     
  10. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,249
    Likes Received:
    2,715
    Trophy Points:
    413
    @Alita idealnya memang begitu, dan mungkin telah diwujudkan oleh sebagian besar blogger negara maju, sebaliknya di Indonesia sebagian kecil saja.

    Analisa searchmetrics sesuai dgn opini saya, media sosial cenderung ke visitor/trafik bukan backlink. :D
     
  11. Alita

    Alita New Member

    Joined:
    May 22, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Nah mungkin lebih tepatnya sumber traffic, Thanks @KangAndre atas koreksinya, saya memang mengharapkan seperti ini, mari kita bahas topik yang lainnya yu :D
     
  12. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,249
    Likes Received:
    2,715
    Trophy Points:
    413
    Yuk @Alita dengan senang hati bagi sy yang masih belajar.:D
     
  13. agifa gumelar

    agifa gumelar Member

    Joined:
    May 14, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    sama-sama mas :D
     
  14. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    445
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Note, ok juga dipraktekin..thanks
     
  15. CahbaExs

    CahbaExs Member

    Joined:
    Dec 18, 2014
    Messages:
    52
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Juara koment koment nya. Luarrrr biaassaa :D
     
Loading...

Share This Page