Cermat Memilih Tukang Service AC Berdasarkan 5 Kriteria Ini

Discussion in 'General Discussion' started by cindyrella, Nov 4, 2016.

  1. cindyrella

    cindyrella New Member

    Joined:
    Nov 3, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Pada umumnya, mayoritas masyarakat Indonesia pasti memiliki paling tidak satu atau dua unit AC atau pendingin ruangan di rumah. Bermukim di daerah tropis seperti Indonesia yang bercuaca panas, lembab, dan berdebu, aktivitas keseharian pun berpotensi terganggu bila tak ada kehadiran AC. Bayangkan jika anda bekerja di gedung kantor atau ruangan tertutup tanpa AC saat cuaca di luar panas menyengat. Pastinya sangat tidak nyaman, bukan?

    Selain frekuensi service AC, salah satu faktor yang tak kalah pentingnya adalah tukang AC yang anda pilih. Dengan banyaknya jumlah tukang service AC yang tersedia di Indonesia terutama di daerah Jabodetabek (Jakarta dan sekitarnya), pelanggan harus berhati-hati dan cermat sebelum menyewa karena tidak semua tukang AC akan memberikan layanan berkualitas sesuai dengan harapan.

    Lantas, aspek apa saja yang harus anda nilai dari seorang ahli service AC?

    1. Kejujuran tukang service AC

    Tak sedikit orang pun tertipu oleh tukang service AC yang rakus dan ingin meraup keuntungan lebih. Mereka menipu pelanggan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menganjurkan pengisian Freon yang tidak semestinya, atau menyatakan kerusakan AC yang lebih parah daripada kondisi sebenarnya.

    2. Harga jasa service AC yang dikenakan

    Bagi banyak orang, harga merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan menentukan ahli service AC yang dipilih. Akan tetapi, sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya jika anda mengetahui harga pasaran service AC dan membandingkan lebih dari satu (1) atau beberapa tukang AC terlebih dahulu untuk menghindari penipuan atau pemerasan harga.

    3. Ketepatan waktu yang dijanjikan

    Di tengah aktivitas yang padat, hal yang paling tidak menyenangkan adalah jika ‘ngaret’ saat janjian molor waktu, apalagi hingga berjam-jam. Karenanya, ketepatan waktu tukang AC juga merupakan poin penting yang dapat menentukan baik buruknya impresi seseorang.

    4. Tidak pelit informasi & komunikatif

    Salah satu kriteria tukang service AC yang berkualitas adalah ketanggapan mereka terhadap pelanggan. Biasanya, ahli service AC yang baik mau menjawab dan menjelaskan segala pertanyaan dan keluhan pelanggan seputar ACnya.

    5. Pemberian garansi

    Sebagai bentuk tanggung jawab, beberapa tukang AC pun berani memberikan garansi atas hasil pekerjaan mereka. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap penyedia jasa yang disewanya.


    Sumber
    image by masbadar.com
     
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,653
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    beres dah pokoknya kalau gambar dari @ayahnyanadia
     
  3. cindyrella

    cindyrella New Member

    Joined:
    Nov 3, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    wah baru tau kalo yg punya masbadar disini juga :)
     
  4. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah, kloningan siapa nih? :D
    rasanya kayak pernah bikin gbr itu.. *bingung*
     
  5. ipaan

    ipaan Member

    Joined:
    Nov 11, 2016
    Messages:
    56
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    tukang ac banyak yang nakal. freon blm habis dibilang habis dan harus isi freon :(
     
  6. cindyrella

    cindyrella New Member

    Joined:
    Nov 3, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    wah yang punya gambar muncul.. hehe
    thanks masbadar :)
    iya mas, padahal kalo sering diservice kemungkinan kecil freon kurang. Kecuali ada yang bocor pipanya
     
  7. Squline Media

    Squline Media Member

    Joined:
    Oct 20, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    yang paling sering kejadian ya yang nomor 1, rusak AC nya apa, dibilangnya apa hahaha, btw makasih tips nya, sangat membantu nih
     
  8. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    415
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Btul gan, yg rusak apa yg di gnti apa, ga jls
     
  9. cindyrella

    cindyrella New Member

    Joined:
    Nov 3, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    thanks udah mampir gan :)
     
  10. CV Berkah Tehnik

    CV Berkah Tehnik New Member

    Joined:
    Jun 5, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kalau ketepatan waktu biasanya tergantung jumlah tenaga, dan kendala gan,,
    misalkan 1 team dijadwalkan untuk service AC di 2 tempat,, nah di tempat pertama kondisi AC tidak cuma butuh service/cleaning, misal kaya pipa bocor kan disitu kita langsung menawarkan konsumen, mau sekalian atau tidak dengan biaya sekian. kalo konsumen mengiyakan dan kebocoran agak susah ditemukan pastinya bisa ngaret juga tp ga akan sampai berjam jam kok, paling 1,5 jam tergantung jarak yang ditempuh juga , walopun ini tentang profesional apa nggak dalam pekerjaan tapi teknisi juga manusia hehe

    btw, ini bisa jadi refrensi juga buat semua teknisi AC.. semua poin terutama poin 1 itu paling penting, kepercayaan itu mahal gan..
     
Loading...

Share This Page