Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Barang

Discussion in 'General Business' started by Triana A., Oct 22, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    50
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Saat berbelanja, kita tanpa sadar melalui beberapa pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan mulai dari penilaian dan kebutuhan pribadi, faktor budaya dan sosial, dan banyak lagi.

    Sebagai pebisnis, baik bisnis offline maupun online, memahami faktor-faktor ini dapat membantumu mengembangkan strategi untuk menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan bisnismu. Berikut beberapa faktor umum yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen saat membeli barang.


    Akses yang Mudah
    Apabila konsumen sulit menemukan atau mengakses platform dimana kamu berjualan, pada satu titik konsumen akan merasa malas dan lebih memilih untuk mencari toko lain. Maka itu, pastikan tokomu mudah diakses, terutama apabila kamu menjalankan bisnis online.

    Kamu bisa hadir di beberapa platform sehingga apabila konsumen yang mencari produkmu tidak menggunakan salah satu platform, mereka bisa beralih ke platform lainnya. Misalnya, selain berjualan di toko secara langsung, kamu juga bisa membuat website, toko di marketplace, dan akun media sosial. Pastikan juga bisnismu mudah dihubungi oleh konsumen.

    Tampilan Toko & Produk
    Kesan yang didapatkan konsumen saat mereka mengunjungi tokomu atau melihat produkmu bisa menentukan apakah mereka semakin tertarik untuk berbelanja atau tidak. Contohnya saja, banyak orang memutuskan untuk makan di suatu tempat karena restorannya tampak menarik dari luar. Ini juga alasan mengapa banyak bisnis yang mengatur halaman media sosial sedemikian rupa agar terlihat estetis.

    Maka itu, pastikan kesan yang kamu bangun sesuai dengan karakteristik target audiensmu. Buat tampilan toko atau website maupun produkmu menarik secara visual sehingga konsumen mau mencari tahu lebih lanjut.

    Informasi, Ketersediaan, dan Kualitas Produk
    Bukan hanya dari tampilan saja, tetapi keseluruhan produk juga mempengaruhi keputusan pembeli, mulai dari informasi, ketersediaan, hingga kualitas. Apabila informasi produk tidak jelas, konsumen pun bisa ragu dengan kualitas produk maupun kredibilitas bisnis. Kurangnya informasi produk juga memperlambat waktu berbelanja konsumen dimana mereka harus menghubungimu terlebih dahulu untuk menanyakan detail produk, baru kemudian membeli.

    Terutama untuk bisnis online, cantumkan informasi produk sedetail mungkin beserta foto produk. Semakin jelas, konsumen pun bisa semakin yakin untuk membeli produk tersebut. Cantumkan juga mengenai ketersediaan produk. Usahakan agar produk selalu tersedia, terutama untuk produk favorit. Apabila produk sering habis, konsumen bisa jadi malas untuk menunggu dan akhirnya batal membeli.

    Jaga juga kualitas produkmu agar selalu memiliki standar yang sama. Apabila kualitas produk tidak sesuai ekspektasi konsumen, kamu akan kesulitan menjaga pelanggan untuk tetap berbelanja di tokomu dan membuat calon pembeli ragu.

    Harga yang Terjangkau
    Salah satu faktor utama dalam membeli barang adalah harga. Harga yang terjangkau bukan berarti harga harus terlampau murah. Apabila harga terlalu murah hingga di bawah standar, bisa jadi konsumen malah ragu mengenai kualitas produk tersebut. Namun jika harga terlalu mahal, konsumen kemungkinan akan mencari toko lain yang bisa menawarkan harga yang lebih terjangkau.

    Sebelum menentukan harga, cari tahu terlebih dahulu mengenai harga di pasaran agar target harga yang kamu pasang sesuai dengan ekspektasi konsumen. Pastikan juga kualitas produk sebanding dengan harga yang ditawarkan sehingga konsumen merasa tidak rugi saat membelinya.

    Promosi yang Menarik
    Promosi jelas menjadi salah satu kunci utama untuk menarik konsumen. Makanya banyak bisnis yang mengadakan promo besar-besaran pada momen-momen tertentu. Dalam mengadakan promo, buat agar promomu semenarik mungkin. Kamu bisa membandingkannya dengan promo-promomu sebelumnya atau dengan promo kompetitor. Pikirkan mengenai bagaimana kamu bisa memberikan nilai lebih kepada konsumen.

    Baca Juga: 9 Ide Promo yang Bisa Kamu Terapkan Menjelang Pesta Belanja Online

    Komunikasi yang Mudah Dimengerti
    Saat berkomunikasi kepada konsumen, baik itu dalam teks informasi produk, customer service, teks promosi, konten website atau media sosial, dan banyak lagi, usahakan untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

    Konsumen memiliki kecenderungan untuk lebih menyukai sesuatu yang tidak hanya familiar, tetapi juga mudah dimengerti. Inilah mengapa tampilan yang menarik tetapi sederhana lebih disukai oleh konsumen. Begitu pula dengan nama brand, produk, atau kata-kata yang digunakan dalam penawaran.

    Bangun hubungan personal dan emosional dengan konsumen. Misalnya, alih-alih menyebutkan detail teknis produkmu yang belum tentu dipahami oleh konsumen, kamu bisa menggambarkan mengenai manfaat apa yang mereka bisa dapatkan dari adanya hal-hal teknis tersebut. Semakin kuat emosi yang dibangun, konsumen akan semakin yakin dengan produkmu.

    Review dari Pembeli Lain
    Reputasi toko sangat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli barang, khususnya untuk bisnis online. Maka terus pantau rating dan review yang diberikan konsumen terhadap tokomu. Apabila ada keluhan, segera tangani. Tampilkan juga testimoni dari pelanggan agar calon pembeli semakin percaya.

    Pelayanan yang Berkualitas
    Kualitas pelayanan yang lambat atau tidak ramah dapat membuat konsumen menjadi enggan untuk membeli. Gunakan bahasa yang sopan dan ramah dalam merespons konsumen. Sebisa mungkin respons konsumen secepatnya. Apabila ada jam operasional, cantumkan jam tersebut pada profil tokomu sehingga konsumen tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungimu.

    Waktu Pengiriman
    Waktu pengiriman juga menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli barang. Apalagi jika konsumen membutuhkan produk tersebut sesegera mungkin. Sebaiknya beri pilihan pengiriman yang beragam bagi konsumen. Semakin cepat barang sampai akan semakin baik. Pastikan juga kamu bisa menawarkan harga pengiriman yang terjangkau.

    Selain cepat, kamu juga harus bisa memberikan jaminan bahwa barang yang dipesan konsumen aman selama pengiriman, terutama jika barang yang dikirim adalah barang besar atau barang yang mudah pecah atau rusak.

    Dengan jasa pengiriman yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, mereka akan merasa dilayani dengan baik sehingga tidak ragu untuk kembali melakukan pembelian dan bahkan merekomendasikan bisnismu ke orang sekitar.

    Sumber: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Barang
     
    ahmadyusuf likes this.
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kalau beli barang secara onlen sih biasanya yang pertama saya akan lihat review dari pembelinya sama melihat detail produknya bagaimana, respon penjualnya juga.
     
    ahmadyusuf likes this.
Loading...

Share This Page