Mungkin sudah pernah ada yang bahas, tapi nggak apalah di-rewind untuk remind saja. Sapi ungu (atau purple cow), sebuah trend online marketing istilah yang diciptakan oleh seorang pakar online marketing, Seth Goddin. Berikut potongan tulisan yang membuat fenomena sapi ungu begitu incar oleh blogger "Ketika saya dan keluarga sedang berkendara melewati daerah pinggiran Perancis beberapa tahun silam, kami dibuat terkagum-kagum oleh ratusan sapi yang sedang merumput di padang tepat di sisi jalan raya. Sejauh beberapa kilometer kami semua memandang ke luar jendela, mengagumi betapa indahnya pemandangan dengan ratusan sapi-sapi itu. Namun setelah 20 menit berlalu, kami mulai mengabaikan sapi-sapi tersebut. Apa yang tadinya membuat kami kagum, kini menjadi sesuatu yang biasa saja. Malah membosankan. Bayangkan seandainya ada seekor sapi ungu di antara kerumunan sapi-sapi putih tersebut. Sapi ungu pasti akan sangat menarik perhatian kami." Demikian juga hal tersebut terjadi di dunia online, dimana banyak pesaing yang memiliki ciri dan kualitas yang sama cenderung membosankan.Bayangkan saat ini, setiap hari lahir ribuan blog dengan konsep dan niche yang (hampir) sama. Jika Anda bisa membuatnya berbeda dan bermanfaat, namun itu belumlah cukup. Buatlah menjadi luar biasa berbeda dan luar biasa bermanfaat sebagai sapi ungu. Beberapa hal yang bisa diterapkan blogger dengan belajar dari teori The Purple Cow dari Seth Goddin untuk membangun blog yang benar-benar berbeda dan sebuah inovasi yang menonjolkan kreatifitas yang menakjubkan. Desain template blog Buat desain template yang sangat unik boleh jadi merupakan desain yang sangat bagus, sangat aneh, sangat lucu ataupun sangat rumit. Konten Blog Pada dasarnya konten harus bermanfaat dan dicari banyak orang. Buatlah konten yang jarang tersedia, menampilkan konten yang sangat aneh yang tidak terpikrkan oleh orang lain. Bisa saja berisi pesan sangat provokatif namun hati-hati untuk yang satu ini. Personaliti yang Unik Tampilkan kepribadian yang beda dari yang lain seperti menjadi super blogger, sang biang kerok, atau menjadi orang yang sangat baik sekali. Bagaimanapun semua kreatifitas blogging Anda membutuhkan promosi sebagai aspek marketing untuk menjadikan Anda sebagai blogger sapi ungu. sumber : Fenomena Sapi Ungu Untuk Blogger
wah menarik nih, untuk konten yang jarang tersedia itu seperti apa ya contohnya mas ?? bagi bagi dong siapa tahu bisa buat niche blog baru nih.. saya juga lagi nyari ide..
kalau dalam dunia marketing itu namanya diferensiasi mas bro.. jadi kita harus tampil beda... dan kita harus menonjolkkan kekuatan kita .. jangan sama dengan pemain lama.