fokus pos komunikasi bpjs ketenagakerjaan

Discussion in 'General Discussion' started by masmulyawan, Jun 26, 2019.

  1. masmulyawan

    masmulyawan New Member

    Joined:
    Oct 24, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Strategi dan POS komunikasi publik terintegrasi disusun untuk memfokuskan upaya pencitraan positif program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan dan BPJS-TK Sipp Online sebagai pelaksana program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan.

    Secara umum, tujuan pencitraan positif adalah untuk membangun persepsi yang sama di antara perangkat pemerintahan di tingkat pusat dan daerah, baik eksekutif maupun legislatif, media massa, pengusaha dan industri, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat secara umum bahwa program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan merupakan merupakan program negara yang bertujuan untuk memberikan kepastian perlindungan sosial bagi seluruh pekerja Indonesia.

    Advokasi bertujuan untuk menciptakan kondisi agar pelaksanaan program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan mendapatkan dukungan dari seluruh tataran pelaksana program, didukung oleh pemahaman yang tepat dari para pemangku kepentingan yang pada gilirannya dapat membantu menyebarluaskan himbauan untuk menjadi peserta program.

    Fokus pertama selanjutnya disebut Pencitraan program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan dan fokus kedua disebut sebagai Advokasi program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan, dengan tujuan dan sasaran sebagai berikut:

    1. PENCITRAAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL BIDANG KETENAGAKERJAAN

    a. Tujuan
    • Membentuk identitas program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan sebagai program negara yang bertujuan untuk memberikan kepastian perlindungan sosial bagi seluruh pekerja Indonesia.
    • Membangun kesadaran dan pemahaman pembuat kebijakan dan penyelenggara program mengenai perlunya mengkoordinasikan dan mengintegrasikan kegiatan komunikasi publik jaminan sosial bidang ketenagakerjaan.
    • Membangun kesadaran dan pemahaman para pemangku kepentingan bahwa program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan membutuhkan komitmen, dukungan dan keterlibatan berbagai pihak.
    • Membangun kesadaran dan pemahaman publik bahwan program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan merupakan program negara yang bertujuan untuk memberikan kepastian perlindungan sosial bagi seluruh pekerja.

    b. Hasil yang Diharapkan
    • Dikenalnya program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai pelaksana program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan sosial bagi seluruh pekerja.
    • Tumbuhnya kesadaran para pelaksana program di tingkat sektoral dan daerah bahwa komunikasi publik terkait program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan perlu mengacu pada Panduan Pelaksanaan Komunikasi Publik Terintegrasi program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan.
    • Terbangunnya kesadaran dan pemahaman pemangku kepentingan, bahwa program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan merupakan program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan sosial bagi seluruh pekerja. Untuk itu, dibutuhkan dukungan berbagai pihak untuk meningkatkan kepesertaan aktif.

    2. ADVOKASI PROGRAM JAMINAN SOSIAL BIDANG KETENAGAKERJAAN
    a. Tujuan
    • Meningkatnya komitmen penyelenggara program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan untuk berkonsolidasi, baik di tingkat perencanaan maupun pelaksanaan kegiatan komunikasi publik di lapangan.
    • Membangun dan meningkatkan komitmen para pemangku kepentingan untuk mendukung konsistensi pelaksanaan komunikasi publik program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan.
    • Mengembangkan kesadaran dan pemahaman asuransi/jaminan sosial yang merupakan manfaat dasar/pasti dari program-program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan.
    • Mendorong tumbuhnya partisipasi pemberi kerja dan pekerja dalam kepesertaan program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan.

    b. Hasil yang Diharapkan
    • Terkonsolidasi nya rencana dan kegiatan komunikasi publik program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan yang melibatkan ketiga unsur pesan kunci: falsafah, kebijakan pemerintah, dan administrasi program.
    • Terbangunnya kemitraan dengan pemerintah daerah, mitra strategis, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, kelompok peduli dan dunia usaha untuk menyebarluaskan dan meningkatkan kepesertaan pada program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan.
    • Dipahaminya program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan berikut manfaat dan prosedur/tata cara pendaftaran oleh pekerja/calon anggota program jaminan sosial bidang ketenagakerjaan serta sanksi yang akan diterapkan terkait mendapatkan pelayanan publik tertentu.

    Kedua fokus komunikasi publik ini meskipun menggunakan template strategi komunikasi yang sama namun akan melibatkan penekanan elemen- elemen komunikasi yang berbeda sebagaimana tercermin dalam cakupan dan pola pelaksanaan strategi komunikasi berikut.
     
Loading...

Share This Page