Ini Dia Untung-Rugi Kalau Salah Isi Volume Oli Sokbreker

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 28, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Peran oli sokbreker di dalam tabung suspensi sangat jelas. Semisal oli sokbreker depan motor yang bersirkulasi dari ruang ke ruang, guna meredam kejut hasil dari tekanan komponen pendukungnya. Dimana saat itu tapak ban berputar di trek yang kadang tidak rata.

    Agar redamannya pas dengan dimensi tabung dan panjang pipa teleskopik di motor, maka volume oli sokbreker mesti sesuai takaran. Hal ini dimaksud agar tunggangan tetap stabil di jalan lurus maupun menikung.

    Lalu apa efek atau untung-rugi jika volume oli dalam tabung sokbreker kurang atau berlebihan. Apakah tunggangan lebih enak dipakai jalan atau ada komponen yang bakal alami kerusakan? Berikut ini jawabannya.

    [​IMG]
    Agar redamannya pas. volume oli sokbreker mesti sesuai takaran | Foto: Contributor Moladin


    Oli Berlebihan Sokbreker Bisa Rigid, Kekurangan Rusak Komponen
    [​IMG]
    Kelebihan memasukan volume oli dari batas bikin redaman sok rigid | Foto: Contributor Moladin

    Efek atau untung-rugi jika volume oli dalam tabung sokbreker kurang atau berlebihan jelas ada. Bahkan pengaruhnya bisa langsung terasa, terutama pada saat motor sedang dipakai jalan. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page