Jenis Ikan Koi Yang Ada Di Dunia Yang Perlu Diketahui

Discussion in 'Education' started by adira fairuz, Oct 26, 2023.

  1. adira fairuz

    adira fairuz New Member

    Joined:
    Oct 6, 2020
    Messages:
    73
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    upload_2023-10-26_11-28-2.png
    Source Image : animals.sandiegozoo

    Terdapat beragam jenis ikan koi yang indah dan memikat di seluruh dunia. Ikan koi adalah ikan air tawar yang populer dalam budaya Jepang dan juga digemari di berbagai belahan dunia. Masing-masing jenis ikan koi memiliki karakteristik yang unik, seperti warna, pola, dan bentuk tubuh yang berbeda. Ini dia beberapa jenis ikan koi yang paling terkenal.
    1. Kohaku: Kohaku adalah salah satu jenis ikan koi yang paling ikonik. Mereka memiliki warna putih dengan bercak merah yang mencolok di atas tubuh mereka. Pola merah ini biasanya harus terlihat jelas dan tajam untuk menjadi Kohaku yang berkualitas.
    2. Sanke: Sanke memiliki pola yang mirip dengan Kohaku, tetapi dengan tambahan warna hitam. Mereka memiliki tiga warna utama: putih, merah, dan hitam. Pola dan distribusi warna yang baik adalah kriteria utama dalam penilaian Sanke.
    3. Showa: Showa juga memiliki pola tiga warna seperti Sanke, tetapi lebih dominan dalam warna hitam, dengan bercak putih dan merah yang mencolok. Showa yang berkualitas akan memiliki warna hitam yang pekat dan kontras.
    4. Taisho Sanke: Taisho Sanke mirip dengan Sanke, tetapi memiliki tubuh yang lebih besar dan pola yang lebih tajam. Mereka sering memiliki kombinasi warna yang mencolok dan merupakan pilihan populer di dunia koi.
    5. Asagi: Asagi adalah ikan koi yang memiliki pola seperti jala atau sisik di punggung mereka dan warna merah di bagian bawah tubuh. Warna biru keabu-abuan adalah karakteristik khas Asagi.
    6. Shusui: Shusui adalah varietas ikan koi yang memiliki warna biru keabu-abuan di atas dan merah di bawah tubuh. Mereka sering dianggap sebagai versi bersisik dari Asagi.
    7. Ogon: Ogon adalah ikan koi yang memiliki warna solid tanpa pola. Warna-warna utama termasuk emas, perak, dan platinum. Mereka sangat mencolok dan indah dalam kesederhanaan mereka.
    8. Chagoi: Chagoi adalah salah satu jenis ikan koi yang sangat ramah dan sering digambarkan sebagai ikan yang sangat pemalu. Mereka memiliki warna cokelat atau kuning dan bisa tumbuh sangat besar.
    9. Kujaku: Kujaku adalah varietas ikan koi yang memiliki warna emas atau perak dengan pola merah seperti retakan di punggung mereka. Mereka tampak seperti koi yang dilapisi dengan "perhiasan."
    10. Kikusui: Kikusui adalah percampuran antara Shusui dan Hariwake. Mereka memiliki sisik biru dengan warna emas atau perak di bagian bawah tubuh.
    11. Hikarimoyo: Hikarimoyo adalah varietas ikan koi yang memiliki warna-warna metalik, seperti emas, perak, dan platina, dengan pola campuran yang mencolok. Mereka adalah salah satu yang paling berkilau dan mengesankan di dunia koi.
    12. Bekko: Bekko adalah jenis koi yang memiliki warna merah, kuning, atau putih dengan bercak hitam di atas tubuh mereka. Pola dan distribusi bercak hitam ini sering menentukan nilai Bekko.
    13. Kawarimono: Kawarimono adalah kategori yang mencakup ikan koi dengan warna atau pola yang tidak cocok dengan varietas koi lainnya. Mereka sering dianggap sebagai "spesialis" dan memiliki keunikannya sendiri.
    14. Kin Showa: Kin Showa adalah varietas Showa yang memiliki warna hitam, merah, dan emas. Mereka menonjol dengan kilauan warna emas yang menambahkan keindahan pada pola mereka.
    15. Goshiki: Goshiki memiliki pola yang unik dengan warna merah dan putih yang menonjol di atas tubuh biru keabu-abuan. Goshiki berarti "lima warna" dalam bahasa Jepang dan merujuk pada kombinasi warna yang mengesankan pada ikan ini.
    16. Kumonryu: Kumonryu adalah varietas koi yang memiliki warna hitam dengan pola merubah-rubah. Mereka sering menampilkan pola awan atau semacam efek "tinta melukis" yang membuat mereka sangat menarik.
    17. Doitsu Koi: Doitsu Koi adalah ikan koi yang memiliki sisik yang sangat sedikit, sehingga kulitnya terlihat seperti "tanpa sisik" atau "Doitsu." Mereka bisa berasal dari berbagai varietas koi.
    18. Kawarigoi: Kawarigoi adalah varietas ikan koi yang sangat beragam dan sering kali merupakan "campuran" berbagai jenis ikan koi. Mereka mungkin memiliki warna dan pola yang tidak cocok dengan varietas koi lainnya.
    Ketika memilih jenis ikan koi untuk kolam Anda, penting untuk mempertimbangkan aspek kesehatan, pola, warna, dan kualitas. Setiap jenis koi memiliki daya tariknya sendiri, dan para pecinta ikan koi seringkali menjadi kolektor yang bersemangat untuk mencari dan memelihara berbagai varietas ini.

    Tak hanya menjadi hiasan yang indah dalam kolam air tawar, ikan koi juga mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya Jepang, serta menambahkan sentuhan elegan ke lingkungan akuarium atau kolam ikan Anda.



    Info Lainnya : Disini
     
  2. tonyfebryanto

    tonyfebryanto Member

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    119
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    keren gan tapi baiknya dikasih gambar biar paham :D
     
Loading...

Share This Page