Copas cerita dari MOTIVORIA Wardah didirikan tahun 1985 oleh Ibu Nurhayati Subakat. Saat itu masih bernama Pusaka Tradisi Ibu. Dimulai sendiri sebagai usaha rumahan yg benar benar dirumah. Jadi benar bahwa wardah dimulai dengan predikat UKM. Ini dibuktikan semdiri oleh salah satu karyawannnya yg sudah ikut sejak 1988. Perjalanan lika liku dan naik turun usaha pasti dialaminya. Seperti pada saat tahun 1990 dimana pabriknya kebakaran. Saat itu berhenti bukanlah hal sulit katena suami ibu Nur masih bekerja. Namun ibu Nur memikirkan bagaimana nasib karyawannya bila pabriknya tutup. Sehingga BANGKIT adalah satu satunya pilihan yang harus diambil Ibu Nur memulai dengan brand Putri. Namun pada tahun 1995 kedatangan tamu pesantren yg akhirnya menjadi ide untuk kiblat wardah jadi kosmetik islami, dan menjadi kosmetik pertama dengan label halal Awal launching wardah pun ternyata tidaklah mulus. Berbekal kosmetik islami maka dijual via pesantren. Sehingga putar balik strategi dan Mulai iklan di harian terbit, koran yg ga terlalu terlenal pada saat itu. Namun dari iklan tersebutlah, muncul 2 distributor yang mau menjual produk wardah. "Ini pertolongan Allah" kata Bu Nur. Bayangkan sebuah usaha yang dimulai dr 2 karyawan saat ini sdh sampai 7000 karyawan. Wardah bertransformasi dari UKM menjadi perusahaan nasional, bahkan sekatang sudah mulai menantang brand internasional Berikut data datanya Top brand produk kosmetik lokal No 1 menurut survey nielsen Brand No 3 internasional setelah unilever dan loreal Serta tumbuh konsisten rata rata 50% setiap tahunnya dan bahkan 2011 sempt mencatat pertumbuhan hingga 80% Bu Nur mempunyai prinsip 5 P. Yang menurut para ahli marketing dunia 4 P pertama adalah Product, Price, Promotion dan Place. Bu Nur punya P ke lima, yaitu Pertolongan Allah. Hal ini sangat terlihat dari Company Value yang diciptakannya, dimana no 1 dari company value-nya adalah Ketuhanan Bagaimana cara Ibu Nur mencari pertolongan Allah dalam bisnisnya? Solat dan puasa..... itu cara diri sendiri menurut Ibu Nur Ibu Nur lebih mencari pertolongan Allah dengan cara peduli dengan orang lain lebih banyak. Membesarkan wardah karena ingin lebih banyak menolong org lain. Wardah memiliki visi yang luar biasa untuk kesehjateraan karyawannya. Misalkan : setiap tahun memberangkatkan umroh 500 karyawan dengan masa kerja minimal 7 tahun beasiswa untnuk anak kaaryawan mess untuk karyawan Saat ini wardah menjadi brand nomor enam sebagai fastest growing brand dan menjadi satu saatunya brand lokal Catatan terakhir bu Nur dalam mengembangkan wardah. Ia sangat menjaga cashflow. Ia sangat disiplin dlm hal ini. Karena ia juga sangat berhati hati ketika ekspansi. Di salah satu pabriknya yg terdiri dr 3 lantai, ia membangunnya lantai per lantai. Ia sabar dlm bertumbuh demi menjaga casflow. Amat penting bersabar dalam ekspansi Wardah punya target 10T di tahun 2020. Kalau wardah yg dulu juga dimulai dirumah, artinya kita juga pasti BISA Salam..... Silahkan di share jika dirasa memberi manfaat juga untuk orang lain
Luar biasa sekali yaa, lagi" sosok perempuan hebat seperti Marta Tilaar yg mendunia, Wardah dengan brandingnya yg sangat baik bisa melesat sekali sekarang
pemilik wardah bener2 salah satu sosok inspiratif sih. Saya dulu pernah bertemu dengan dia waktu wawancara kerja
Wah wardah sekarang iklannya dimana-mana, dan salah satu produk kosmetik yang udah terkenal sekarang ini... Salut sih sama wanita-wanita yang inspiratif kayak gini