Peran Dari Perencanaan Terhadap Dunia Management

Discussion in 'General Internet' started by s4tria, Sep 8, 2016.

  1. s4tria

    s4tria New Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Hampir di setiap kegiatan yang kita lakukan, baik secara sengaja atau tidak sengaja kita sering mengawali kegiatan tersebut dengan sebuah perencanaan agar apapun kegiatan yang akan kita lakukan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan.

    Secara tidak langsung kita dapat mengetahui bahwa sebuah persiapan atau perencanaan itu sangat penting agar kita dapat mempermudah kita daam memperoleh hasil yang kita inginkan.

    Dalam tahapan manajemen,perencanaan merupakan tahapan yang paling penting karena perencanaan ini diperlukan dalam berbagai bentuk organisasi sebagai proses dasar dalam mengambil suatu keputusan dan tindakan.

    [​IMG]

    Perlu kita ketahui bahwa dalam perencanaan terdapat 2 macam perencanaan dimana masing – masing dari perencanaa ini memiliki peran penting dalam memajukan organisasi yaitu

    1. Rencana Operasional

      Perencanaan Operasional (Operational Planning) adalah perencanaan jangka pendek yang dirancang untuk memudahkan penerjemahan perencanaan jangka panjang dalam serangkaian yang lebih rinci. Secara singkat dapat dikatakan bahwa rencana operasional merupakan susunan rencana jangka pendek yang dapat menunjang suksesnya rencana jangka panjang.

      Berikut langkah – langkah yang biasa di ambil dalam membuat perencanaan operasional yang cukup sederhana , yaitu :
      • Tentukan hal, pekerjaan atau tugas – tugas apa saja yang dapat dikerjakan dan diselesaikan.
      • Menentukan orang yang tepat dalam penempatan tugas – tugas tersebut yang kita yakin dapat mengerjakannya dengan baik.
      • Menetapkan waktu kapan harus memulai dan kapan tugas – tugas tersebut harus selesai. Jangan memberikan tenggang waktu yang terlalu sedikit dan juga jangan terlalu panjang.
      • Menghitung pengeluaran yang dibutuhkan dengan cermat. Pastikan biaya tersebut diberikan sedikit kenaikan setidaknya 10% dari total biaya yang dibutuhkan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak terduga.
      • Mereview pekerjaan yang telah selesai dikerjakan. Pastikan kita melihat dan mengamati berbagai aspek dari pekerjaan tersebut.
      • Terakhir adalah memikirkan bagaimana cara kita memonitor atau mengawasi perkembangan dari pekerjaan tersebut. Dengan melihat secara langsung dan memeriksanya secara rinci maka kita akan dapat mengetahui langkah seperti apa yang dapat kita lakukan selanjutnya.
    2. Rencana Strategi

      Perencanaan Strategi (Strategic Planning) adalah proses pemilihan tujuan – tujuan organisasi, proses penentuan strategi, program – program strategi, serta penetapan metode – metode yang diperlukan dalam menjamin bahwa setiap strategi yang di persiapkan telah berhasil di implementasikan.

      Terdapat 3 alasan yang dapat menujukkan betapa pentingnya perencanaan strategi ini
      • Perencanaan strategis dapat memberikan kerangka dasar dalam membangun perencanaan lainnya
      • Pemahaman terhadap perencanaan strategi akan sangat mempermudah dalam pemahaman perencanaan lainnya
      • Perencanaan strategis adalah sebuah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk dapat menentukan arahan strategi dan mempermudah pengambilan keputusan dalam mengalokasikan sumber dayanya demi mencapai tujuan organisasi.
    Namun dalam berbagai macam pembuatan strategi, semuanya membutuhkan berbagai macam bentuk informasi yang dapat mempermudah kita dalam mengambil keputusan dan menyusun perencanaan seperti apa yang baik untuk dilakukan.

    Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi tersebut. Terlebih dengan penggunaan software ERP seperti kita dapat lebih mudah mengatur perencanaan dan menerapakan rencana tersebut pada perusahaan.
     
Loading...

Share This Page